INFO
Potensi Seni Budaya dan Kearifan Lokal Harus Digali

Potensi Seni Budaya dan Kearifan Lokal Harus Digali

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Provinsi Kalimantan Tengah, termasuk di dalamnya Kota Palangka Raya, kaya akan potensi seni budaya dan kearifan lokal, disamping kultur dan tradisinya yang begitu hakiki.

“Seni dan budaya ataupun kearifan lokal di Palangka Raya ini sangatlah kaya dan beragam. Istimewanya  banyak yang diwariskan secara turun temurun. Tinggal bagaimana upaya melestarikan,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palangka Raya, Norma Hikmah, Jum’at (9/8/2019).

Norma mencontohkan, permainan seni budaya bermain Kecapi (gitar khas Dayak), dimana jika mengenal lebih dalam, maka alat musik kecapi maupun cara memainkannya tidak lepas dari warisan yang dilakukan secara turun temurun, dalam setiap generasinya.

hal itulah, kenapa seni budaya dan kearifan lokal harus terus digali dan dihayati oleh setiap  generasi. Terutama para  generasi muda, dengan tujuan akhir seni budaya dan kearifan lokal tersebut tidak hilang ditelan zaman.

“Seperti kemarin, kita melaksanakan acara bermain kecapi terbanyak, guna memecahan rekor MURI yang diikuti oleh anak-anak sekolah dasar dan menengah. Nah, ini adalah upaya  untuk melestarikan seni  budaya dan kearifan lokal tersebut,” bebernya.

Bagi Kota Palangka Raya sendiri lanjut Norma, sukses pelaksanaan bermain kecapi terbanyak guna memecahan rekor MURI itu, telah menjadi suatu kebanggaan dimana budaya leluhur ini terus dipertahankan dan diwariskan secara turun temurun oleh setiap generasi muda.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu langkah pemerintah dalam mempopulerkan kecapi yang nota bene merupakan salah satu seni budaya dan kearifan lokal secara meluas.

“Memang harus ada upaya kuat dalam menggali potensi seni dan budaya ataupun kearifan lokal yang kita miliki secara luas,” tuturnya.

Bila upaya tersebut bisa dilakukan lanjut Norma, maka secara otomatis seni budaya ataupun kearifan lokal, keberadaannya akan selalu kekal dan tidak akan tergerus kemajuan zaman.

“Peran generasi muda untuk menggali potensi seni dan budaya ataupun kearifan lokal, saat ini sangat diperlukan. Sementara pemerintah tentu akan mendukung upaya tersebut,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*