INFO
PPI Adakan Gerakan Pencegahan Stunting di Kelurahan Petuk Katimpun

PPI Adakan Gerakan Pencegahan Stunting di Kelurahan Petuk Katimpun

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pita Putih Indonesia (PPI) mengadakan acara penggerakkan masyarakat dalam upaya pencegahan stunting di Kelurahan Patuk Katimpun, Kota Palangka Raya, Rabu (23/10/2019).

Dalam kegiatan ini diadakan senam pagi, dilanjutkan dengan pemeriksaan ibu hamil, penimbangan balita, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, dan kampanye hidup bersih dan sehat.

Secara simbolis acara ini dibuka oleh Sekretaris Camat Jekan Raya, Dedi Purwantoro. Dalam layanan gratis ini pihak PPI melibatkan pihak UPT Puskesmas Jekan Raya.

Sementara dari Jakarta dihadiri Bendahara PPI, Kusuma Ratna. Gerakan pencegahan stunting ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia, khusus di Kalimantan Tengah dilakukan di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Ada 8 orang PPI yang datang ke Kalteng. Kita bagi tugas, lainnya ke Sampit,” tutur Kusuma Ratna. Ia menyebut PPI adalah organisasi wanita sedunia yang berpusat di Amerika.

Tugas PPI fokus pada penanganan stunting. “Tidak cuma kaum perempuan saja, tapi kami semua wajib menyampaikan itu adalah masalah bersama dan harus ditangani,” sebutnya.

Sementara itu kegiatan ini berlangsung meriah. Para orang tua memeriksakan kesehatan, sedangkan ibu-ibu yang memiliki balita diberikan asupan tambahan.

Begitu pula dengan ibu hamil dilakukan pemeriksaan di Pustu Petuk Katimpun yang lokasinya berhadapan dengan kantor kelurahan. Sementara itu para siswa SMP dan SMA diberikan sosialisasi soal stunting dan perilaku hidup sehat oleh petugas pukesmas. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*