INFO

Praktisi Teater dan Sastra Menyampaikan Materi Penulisan Puisi.

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Di bulan Ramadan 1440 Hijriyah atau 2019 ini Payung Literasi Kota Palangka Raya tetap menggelar kegiatan literasi.

Payung Literasi bekerja sama dengan Lembaga Seni Budaya Mahasiswa IAIN Palangka Raya dan Generasi Baru Indonesia Kalimantan Tengah menggelar workshop dan buka bersama di Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Senin (27/5/2019).

Meski acara worksop terlalu singkat, namun kegiatan ini diharapkan bisa menggugah dan memotivasi generasi muda untuk turut ambil bagian dalam gerakan literasi kampus yang mendukung gerakan literasi nasional.

Karena itu acara yang bertajuk ‘Mahaga Basa Kampus’ ini tentu bisa menjadi alternatif dan inspirasi bagi mahasiswa yang memiliki minat dan ingin mengembangkan potensi diri dalam berliterasi baca tulis.

Kali ini Payung Literasi menghadirkan narasumber yang berbagi pengetahuan dan pengalaman secara singkat dan padat sambil menanti saat berbuka puasa tiba.

Tampil berpresentasi dan memandu dialog adalah M Saifullah. Narasumber yang merupakan praktisi teater dan sastra yang juga guru bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya ini menyampaikan materi penulisan puisi.

Dengan gayanya yang santai dan ceria, Saifullah mengajak para mahasiswa untuk menyelami puisi agar bisa menulis puisi. Ia menuturkan bahwa puisi itu salah satu karya sastra yang menggunakan kata sebagai media ekspresinya.

Ada unsur fisik seperti pilihan kata, rima, tipografi dan unsur batin, seperti tema, rasa, dan amanat yang membangun puisi. Kedua unsur ini akan melebur dalam penciptaan puisi.

Minat, kepekaan, kreativitas, pengalaman, dan imajinasi akan mampu menggugah seseorang untuk menciptakan puisi. Berbagai masalah, peristiwa, dan fenomena yang terjadi di sekitarnya dan gejolak perasaan dan pikiran bisa menjadi bahan dalam penciptaan puisi.

Oleh karena itu pengalaman batin dan pengalaman lahir serta yang dirasakan dan dialami seseorang bisa dituangkan dalam penulisan puisi. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*