INFO

Profil

Sejarah Singkat Media Center

Latar Belakang

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Palangka Raya Nomor : 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Palangka Raya dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nomor : 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Bidang Komunikasi dan Informatika, maka Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya memiliki peran yang sangat strategis dalam pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), mengingat perkembangan TIK saat ini semakin pesat, dapat dipastikan pemanfaatan TIK oleh masyarakat sudah menjadi kebutuhan dalam menjalankan aktivitasnya.

Sebagai tindak lanjut dari Surat Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nomor : s-1923/M.Kominfo /PL.04.01/01/2016 Tanggal 16 Desember 2016 intinya Pemerintah Kota Palangka Raya dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya mendapat program bantuan hibah peralatan media center, selanjutnya pada Tanggal 31 Januari 2017 Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika mengundang Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya bersama dengan 25 Pejabat Pemerintah Kabupaten/Kota se Indonesia untuk melakukan penanda tanganan Berita Acara Serah Terima dan Naskah Perjanjian Hibah Media Center TA. 2016 bertempat diruang rapat melalui Gedung B Lantai 2 Kementerian Komunikasi dan Informatika jl. Medan Merdeka Barat No.09 Jakarta Pusat.

Tujuan pembangunan dan pengembangan media center adalah untuk mendukung pelaksanaan tugas lembaga pemerintah daerah khususnya dalam penyebaran informasi untuk kebutuhan publik dan juga sebagai upaya mengembangkan jaringan pertukaran informasi antara lembaga Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi dan Kementerian/Lembaga. Media center dirancang untuk mengembangkan pelayanan informasi kepada publik sebagai bagian dari upaya mendorong masyarakat dalam mendapatkan informasi yang mudah, cepat dan terjangkau.

Media Center Isen Mulang Kota Palangka Raya mulai operasional pada tanggal 1 Maret 2017.

Nama Media Center Kota Palangka Raya

Media Center Kota Palangka Raya diberi nama “Isen Mulang” yang artinya pantang menyerah, pantang mundur, maju terus. Media Center Isen Mulang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No.02 Palangka Raya (bersebelahan dengan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Palangka Raya).

Fasilitas yang tersedia dalam Media Center Isen Mulang adalah :

  1. Personal Komputer dilengkapi Webcam dan Headset 6 Unit
  2. Laptop + Os + Ms. Office 1 Unit
  3. Printer Multi Fungsi 1 Unit
  4. UPS 6 Unit
  5. Kamera DSLR 1 Unit
  6. Peralatan Jaringan
  • Switch Hub 16 Port 1 Unit
  • Kabel UTP 1 Rol
  • Konektor RJ-45 isi 50 1 Box

SOP LAYANAN DAN POSTING KONTEN BERITA DI WEBSITE MEDIA CENTER
SOP LAYANAN DAN POSTING CONTEN BERITA DI WEBSITE MC

SOP UPLOAD POSTING KONTEN FOTO DI WEBSITE MEDIA CENTER
SOP UPLOAD POSTING CONTENT PHOTO DI WEBSITE MC