INFO
Program Inovasi Terobosan Suksesi Pemerintahan Fairid-Umi

Program Inovasi Terobosan Suksesi Pemerintahan Fairid-Umi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tidak terasa sudah satu tahun kepemimpinan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dan wakilnya Umi Mastikah. Kepemimpinan keduanya diawali dengan banyak terobosan serta catatan keberhasilan. Baik dari program inovasi dan program kegiatan yang dilaksanakan setiap OPD.

Capaian dari perjalanan satu tahun kepemimpinan keduanya pun dirangkum kembali pada apel gabungan yang digelar di halaman Gedung Palampang Tarung Palangka Raya, Senin (23/9/2019)

“Hari ini kita gelar apel gabungan sekaligus menjadi momen satu tahun pemerintahan saya dengan wakil walikota,” ungkap Fairid usai apel gabungan tersebut.

Menurutnya, kegiatan apel tidak seperti biasanya. Dimana kali ini apel dilaksanakan ditengah keprihatinan karena dalam suasana tanggap darurat karhutla dan kita tidak ada acara seremonialnya, kita hanya melaksanakan apel gabungan di halaman gedung Palampang Tarung, tidak di halaman Balai Kota.

“Kebetulan disini menjadi pusat layanan masyarakat, dimana saat ini Palangka Raya tengah menghadapi bencana asap. Semua personil karhutla Palangka Raya berkumpul disini,” tambahnya.

Adapun terkait dengan masa satu tahun kepemerintahan dirinya bersama wakil walikota, menurut Fairid, selama itu pemerintahannya telah berupaya mendorong setiap OPD untuk berinovasi. Minimal  mampu melaksanakan one year, one agency, one innovation.

Sepanjang satu tahun ini saja kata dia, telah banyak capaian inovasi yang dilakukan sejumlah OPD. Bahkan sudah terekam capaiannya sewaktu 100 hari kerja pemerintahan Kota Palangka Raya yang baru.

“Ya, untuk satu tahun ini kami akan mendeclare serta melakukan launching  inovasi dari beberapa OPD,” ujar Fairid.

Inovasi itu antara lain kata dia, operasionalisasi bank sampah induk, Pelayanan Pengaduan Masyarakat melalui aplikasi Lapor yang sudah dapat menampung aspirasi masyarat dan terlihat dari interaksi masyarakat Kota Palangka Raya dengan pemerintah, kemudian layanan wifi gratis, memfungsikan Ipal di Jalan Salan.

Kemudian klinik APBD Kota Palangka Raya yang digagas Inspektorat Kota Palangka Raya, gerakan 1000 komputer dan pemberian bantuan operasional sekolah  oleh Dinas Pendidikan.

Bahkan dalam satu tahun ini, beberapa OPD terus berusaha memperkuat layanan  berbasis IT atau online. Seperti BPPRD dengan  e-SPTPD, BKPP dengan e-TPP, Si Mas Eling oleh DLH, Call Center Ambulansi (119), Three in One oleh PMPTSP.

Lalu adapula launching halte untuk BRT dengan lokasi Bundaran Burung dan Kereng Bangkirai oleh Dishub. Selanjutnya Kampung Hijau Warna –warni dan Kampung Hidroponik dari inisiasi Lurah Bukit Tunggal, dan peresmian RSUD serta GSM PBB.

“Itulah sejumlah inovasi  yang akan segera kita launching. Saya yakin masih banyak OPD yang memiliki ide kreativitas, karena masih on progress,” terangnya.

Terlepas dari itu semua lanjut Fairid, maka salah satu program prioritas yang terus dilaksanakan pihaknya  dalam kurun satu tahun ini serta telah mulai terlihat pencapaiannya, yakni program pembangunan infrastruktur.

“Pemko saat ini melakukan pembangunan jalan dan drainase disejumlah jalan lingkungan dan jalan kota. Progresnya sudah ada, namun secara rinci nanti pihak PUPR yang bisa menjelaskan capaian  serta progress dari pembangunan yang dilaksanakan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*