TERKINI

Program JKK dan JKM Berikan Perlindungan Jaminan Keselamatan Pekerjaan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Deputi direktur BPJS Ketenagakerjaan wilayah Kalimantan Tengah Arif Zahari mengungkapkan, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) mampu memberikan perlindungan dan jaminan keselamatan pada resiko kecelakaan kerja terhadap penggunanya.

Ia menjelaskan, peserta yang tergabung dalam program JKK dan JKM mendapat perlindungan seandainya terjadi kecelakaan kerja atau peserta meninggal dunia selama masih dalam masa kerja.

“Melalui program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, pemerintah memberikan kepastian perlindungan untuk menjamin kesejahteraan para pekerja. Karena bagaimana pun orang bekerja itu ada resiko sosial ekonomi, entah karena kecelakaan kerja, kematian, memasuki hari tua, atau pensiun,” katanya, Rabu (18/11/2020).

Selain itu, Program JKK dan JKM juga merupakan salah satu implementasi dari kehadiran negara untuk menjamin perlindungan dan kesejahteraan buruh. Oleh karena itu, Arif juga mengimbau kepada seluruh perusahaan untuk mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BP Jamsostek agar mendapat manfaat tersebut.

“Pemerintah tidak akan membeda-bedakan pelayanan, semuanya akan dilayani sesuai dengan aturan yang berlaku. Sangat rugi bagi masyarakat yang tidak segera mendaftarkan dirinya dan pekerjanya pada program BPJS Ketenagakerjaan,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang/Nitra/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*