INFO
Protokol Kesehatan untuk Kesehatan dan Keselamatan

Protokol Kesehatan untuk Kesehatan dan Keselamatan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Rendahnya kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19 di Kota Palangka Raya. Seperti tidak menggunakan masker, tidak menjaga jarak ataupun masih berkerumun, mematik perhatian dari banyak pihak.

Bahkan muncul berbagai usulan perlunya dibuatkan aturan semacam peraturan wali kota (Perwali) atau perda yang berisikan sanksi bagi pelanggaran protokol kesehatan, sehingga dapat berimplikasi nyata dalam memperkuat kedisiplinan masyarakat.

Namun demikian menurut anggota DPRD Palangka Raya, Susi Idawati, semestinya masyarakat telah memahami arti penting protokol kesehatan. Mengingat selama kurang lebih empat bulan pandemi terjadi, maka berbagai anjuran terus disampaikan pemerintah.

“Sudah ada beberapa edaran dan aturan diberlakukan selama pandemi virus ini. Bahkan baru-baru ini keluar instruksi wali kota terkait wajib protokol kesehatan. Nah, semestinya masyarakat sudah paham,”katanya, Minggu (5/7/2020).

Susi melihat, disetiap edaran dan aturan serta instruksi yang diberlakukan selama pandemi Covid-19 itu, maka di dalamnya telah termuat point-point yang diberlakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Kota Palangka Raya.

Point-point tersebut diantaranya memuat upaya mendorong, sekaligus mengetatkan protokol kesehatan kepada masyarakat. “Sebab itu, lagi- lagi seharusnya masyarakat sudah paham apa yang diinginkan dan diharapkan pemerintah,”tukas legislator dari Partai Nasdem ini.

Disisi lain lanjut dia, setiap edaran, aturan serta instruksi yang diterbitkan Pemerintah Kota Palangka Raya, selalu dibarengi dengan sosialisasi, edukasi bahkan diterapkan secara humanis. Terutama yang digerakan oleh Gugus Tugas Covid-19, para alim ulama, LSM, relawan serta unsur TNI/Polri.

Semua ini dilakukan tidak lain agar semua masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-harinya. baik di dalam maupun di luar rumah.

‘”Karenanya protokol kesehatan itu dibuat untuk kesehatan dan keselamatan. Jadi saya pikir semuanya punya tanggungjawab bersama dalam memerangi pandemi ini,”tandasnya. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*