INFO
PTS Berlangsung Berbarengan dengan PTM Terbatas

PTS Berlangsung Berbarengan dengan PTM Terbatas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Senin pagi 11 Oktober 2021 pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di masa pandemi Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah tahun pelajaran 2021/2022 dimulai secara serentak yang disampaikan langsung oleh Wakil Guberur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo secara daring dari SMAN 1 Palangka Raya.

PTM ini dilaksanakan oleh satuan pendidikan jenjang SMA/SMK dan SLB seluruh kabupaten dan kota sesuai surat edaran Gubernur Kalimantan Tengah.

Tak menyurutkan waktu di hari pertama pelaksanan PTM terbatas, SMAN 4 Palangka Raya berlangsung lancar dan terkendali. Secara kebetulan SMAN 4 Palangka Raya pada tanggal 11—15 Oktober 2021 ini melangsungkan penilaian tengah semester (PTS) yang sudah diprogramkan dalam agenda tahunan yang setiap semester dilaksanakan oleh guru mata pelajaran. Sangat tepat kegiatan ini berbareng dengan pelaksanaan PTM terbatas.

Kepala SMAN 4 Palangka Raya, Yenihayati mengungkapkan jauh-jauh hari mereka sudah mempersiapkan pelaksanaan PTM terbatas, mulai dari simulasi, sarana dan prasarana, peserta didik yang hadir sudah ditentukan sesuai pembagian nomor urut mereka.

Mereka yang hadir 50 persen dari jumlah per rombongan belajar (rombel). Dalam PTM ini setiap rombel berjumlah 18 orang siswa, sisanya belajar dari rumah secara daring menggunakan aplikasi dan dengan media yang sudah disiapkan dari sekolah. Jadi SMAN 4 Palangka Raya dalam PTM terbatas ini sudah siap dengan metode sekali belajar dalam satu waktu yang sama, baik yang tatap muka maupun yang dari rumah.

Ditambahkan Waka Kurikulum, Endang Hartati, kegiatan PTM terbatas dilaksanakan dengan metode Blended Learning, atau perpaduan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran Daring Sinkronus. Dengan dasarnya adalah 1 jp = 30 menit, kemudian mata pelajaran yang 4 jp dikurangi menjadi 2 jp, mata pelajaran yang 3 jp dikurangi menjadi 2 jp, dan yang 2 jp dikurangi menjadi 1 jp. Sehingga pembelajaran berakhir pukul 10.00 WIB.

Hari pertama PTS berbareng PTM terbatas, nampak serius dan semangat para peserta didik mengikuti pembelajaran. Tak luput pula peserta didik yang dari rumah secara daring mengikuti pembelajaran guru mapel membuat mereka tak mau kalah semangat. Terbukti setelah pembelajaran usai, siangnya pada pukul 13.00 WIB, ada saja yang ke sekolah untuk menyerahkan tugas yang diberikan guru. Semoga hal ini membuktikan semakin membaiknya kondisi kita saat ini dari yang pandemi menjadi endemi. (MC. Isen Mulang/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*