TERKINI

Puskesmas Kereng Bangkirai : Inovasi “Raba dengan Siku”

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Inovasi “Raba dengan Siku” yang artinya “Rabu Bawa Bekal dengan Isi Piringku” ini dilakukan untuk menggerakkan masyarakat agar melakukan kegiatan “Germas” (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang bermanfaat bagi kesehatan. Dan gerakan inovasi ini dimulai dari staf UPT Puskesmas Kereng Bangkirai Jalan Mangku Raya no.10 Palangka Raya, Rabu (11/3/2020).

Hellyana, Kepala Puskesmas Kereng Bangkirai menyampaikan, “Mengkonsumsi makanan sehat di tempat kerja merupakan tantangan bagi banyak orang. Penyebab utama adalah kesibukan di kantor yang membuat tidak adanya waktu untuk menikmati makanan sehat, makanan yang umumnya dijual biasanya makanan yang praktis dan tidak memiliki kandungan gizi yang baik. Dan kami mencoba gerakan “Raba dengan Siku”, dimulai dari staf Puskesmas Kereng Bangkirai dahulu, dan ke depan kami akan sosialisasikan ke masyarakat”.

“Makanan tidak sehat tentu dapat merongrong kesehatan kita disamping yang akan membuat kelebihan berat badan. Walaupun terlihat sulit, tetapi kita bisa membenahi pola makan menjadi lebih baik”, ujar Siska Apryanti yang juga seorang ahli gizi atau Nutritionist.

Dijelaskan juga Isi piring layaknya harus ada makanan pokoknya yakni nasi atau kentang, ada lauk-pauk bisa lauk hewani yaitu daging ayam atau sapi, telur atau juga lauk nabati berupa tempe atau tahu, juga sayuran dan buah-buahan. Disamping itu diwajibkan juga cuci tangan pakai sabun sebelum makan, minum air 8 gelas sehari dan ada aktivitas fisik 30 menit per hari.

Menyempatkan makan dengan porsi dan komposisi yang tepat, akan membantu kita memiliki cukup energi untuk melakukan kesibukan sehari-hari, terhindar dari penyakit, dan menjaga berat badan tetap ideal dan penampilan fisik tetap terjaga dengan berolahraga minimal 2 kali seminggu, tegas Hellyana. (MC.Isen Mulang/Bam/yk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*