TERKINI
QRIS Sebagai Metode Pembayaran UMKM Kota Palangka Raya

QRIS Sebagai Metode Pembayaran UMKM Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya melalui Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra, Amandus Frenaldy membuka secara resmi kegiatan Kajian Penerapan Quick Respose Indonesia Standard (QRIS) sebagai metode pembayaran pad unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah kota Palangka Raya.

Adapun kegiatan ini kerjasama antara Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Palangka Raya, dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya, yang dilaksanakan di Aula Rahan Pumpung Kapakat Bappedalitbang, Kantor Wali Kota Palangka Raya, Kamis Pagi (18/11/2021).

Wali Kota Palangka Raya dalam sambutannya yang disampaikan oleh Amandus Frenaldy, “Seminar akhir ini adalah media kerjasama antara pemerintah kota Palangka Raya dengan dunia pendidikan, untuk menyelesaikan isu-isu trategis, yang selanjut dapat mewujudkan kota Palangka Raya yang maju dan sejahtera”.

Kegiatan ini berupaya peningkatan daya saing berbasis Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menggerakkan ekonomi guna terwujudnya masyarakat ekonomi cerdas (smart economy). QRIS merupakan standar QR Code nasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2019 agar proses transaksi pembayaran secara domestik menggunakan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Kota Palangka Raya yang memiliki jumlah potensial UMKM, sehingga menjadi penggerak ekonomi. Yang bisa membawa program yang inovatif, menuju masyarakat ekonomi cerdas.

Disela sambutan tersebut Amandus Frenaldy menyampaikan informasi, “Pemko Palangka Raya mulai menerapkan belanja langsung pengadaan barang dan jasa secara daring melalui Mbiz Market. Melihat besarnya potensi nilai belanja pengadaan barang/jasa Pemko Palangka Raya, maka melalui program tersebut pemerintah melibat UMKM dalam pengadaan belanja tersebut.”

Diakhir sambutannya Fairid berpesan agar kajian ini tentang pengunaan QRIS dapat meningkatkan daya saing UMKM Kota Palangka Raya. Serta diharapkan kawasan wisata dan kuliner dapat menerapkan QRIS. (MC. Isen Mulang/bamw/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*