INFO

Rapat Kerja SOPD Pemkot Palangka Raya Digelar di Cafe Kampoeng Sebrang

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Seluruh kepala satuan organisadi perangkat daerah (SOPD) Kota Palangka Raya mulai dari eselon II, III, dan IV mengikuti rapat kerja dalam rangka pelaksanaan pembangunan, Selasa (16/5/2017) pukul 13.00 WIB.

Lagi-lagi rapat kerja ini dilaksanakan di ruang terbuka. Kali ini mengambil tempat di Cafe Kampoeng Sebrang, Pahandut Seberang. Di sini para pejabat sambil mengikuti rapat yang dipimpin Walikota Palangka Raya HM Riban Satia juga bisa sambil menikmati santap makan siang meski harus bayar sendiri-sendiri.

Kepala Bappeda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu menjelaskan alasan kenapa digelar rapat di Cafe Kampoeng Sebrang ini karena sekaligus ikut mempromosikan kawasan kuliner ini, sebab di Pahandut Seberang ini salah satu destinasi wisata di Kota Cantik.

Dalam paparannya kepala Bappeda memperlihatkan progres serapan anggaran semua SOPD, termasuk realisasi penerimaan pendapatan hingga Mei 2017 ini.

Dimana realisasi total pendapatan sudah mencapai 38,83 persen dari target Rp1.090.274.813.727.14, sedangkan dana perimbangan terealisasi 38,89 persen dari target Rp844,8 miliar dan lain-lain pendapatan yang sah terealisasi 33,67 persen dari target Rp111,8 miliar.

Dalam progresnya kepala Bappeda akan terus memantau dana alokasi khusus (DAK) agar serapannya bagus, sehingga tidak akan kena pinalty seperti sebelumnya.

“Hingga bulan ini realisasi fisik dan non fisik DAK sudah mencapai 19.50 persen, sedangkan DAK non fisik 38,31 persen,” tutur Hera di depan semua kepala SKPD.

Sementara itu dalam arahannya walikota meminta kepada SOPD, khususnya yang masih punya utang program agar target capaian program dlm RPJMD yg blm terselesaikan dibuatkan daftarnya.

Sebab walikota tidak ingin program yang sudah tertuang dalam RPJMD masa kepemimpinannya tidak selesai. Dia ingin semua program bisa dituntaskan sebelum masa kepemimpinannya berakhir pada 2018.

Di sisi lain walikota juga mengingatkan kepada semua SOPD untuk menggenjot penyerapan anggaran. Walikota tidak ingin anggaran yang sudah disediakan baru terserap di akhir tahun anggaran, sehingga akan mempengaruhi terhadap penilaian kinerja SODP. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*