INFO
Raperda Jamkesda Jamin Kesehatan yang Merata

Raperda Jamkesda Jamin Kesehatan yang Merata

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Palangka Raya, beberapa waktu lalu kembali membahas rancangan peraturan daerah (Raperda) kota setempat, yakni raperda tentang Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda)

Ketua Bapemperda, Riduanto mengatakan, pembahasan yang dilakukan pihaknya bersama dengan jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya itu guna mempercepat progres penyelesaian raperda tersebut.

“Raperda Jamkesda ini guna menjamin pemberian pelayanan kesehatan yang optimal dan merata dalam meningkatkan derajat kesehatan pada masyarakat,”ujarnya, Senin (7/6/2021).

Maka dari itu pemko kata dia harus memaksimalkan penyelenggaraan Jamkesda, meskipun sebelumnya telah ada Perda Nomor 6/2016 tentang lenyelenggaraan Jamkesda kota, namun masih terdapat kekurangan dan belum dapat menampung perkembangan kebutuhan masyarakat.

Sedangkan pada raperda yang tengah disusun pihaknya kali ini, arahannya adalah cakupan kesehatan semesta atau universal health coverage (UHC).

“Perda Jamkesda ini nantinya akan mengcover masyarakat yang belum terdaftar dalam jaminan kesehatan apapun.,” beber Riduanto.

Disampaikan legislator PDI Perjuangan ini, apabila kedepannya raperda tersebut telah selesai maka pemko diharapkannya bisa segera menyiapkan anggaran, setidaknya Rp 39 Miliar lebih per tahun, guna membiayai iuran kesehatan klas III bagi mereka yang masuk dalam program Jamkesda tersebut.

Acuannya sendiri sesuai mandatory spending dalam UU Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, dimana besar anggaran kesehatan pemerintah daerah haruslah dialokasikan minimal 10 persen dari APBD.

“Dengan APBD kota saat ini, angka tersebut kami yakini mampu tercover. Terlebih raperda ini merupakan usulan Pemko Palangka Raya itu sendiri,”pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*