INFO
Rapid Test Dilakukan Tenaga Kesehatan Profesional

Rapid Test Dilakukan Tenaga Kesehatan Profesional

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo, menjamin hasil pemeriksaan menggunakan alat rapid test yang dilaksanakan pada kegiatan rapid test massal di Kota Palangka Raya benar-benar akurat.

Karenanya kata dia, masyarakat tidak perlu kuatir, panik maupun ketakutan ataupun menolak ketika ada pelaksanaan rapid test secara massal.

“Rapid test dilakukan oleh tim yang bekerja secara profesional dalam melakukan pemeriksaan, sehingga tidak mengada-ngada. Semuanya streril, karena pemerintah punya kewajiban melindungi dan mengatur masyarakat,” tegasnya, Rabu (8/7/2020).

Lebih lanjut Andjar yang juga merupakan Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya ini mengatakan, bahwa pemerintah kota (Pemko) setempat melalui gugus tugas Covid-19, juga menjamin alat rapid test yang digunakan pada kegiatan rapid test massal itu sudah teruji.

“Iya, selain tenaga atau tim yang melakukan rapid test adalah orang orang yang sudah professional. Di sisi lain, alat test cepat yang digunakan tidak diragukan kualitas dan hasil yang diperoleh,” tuturnya.

Meski tidak menyebut alat rapid test jenis apa yang digunakan, namun menurut Andjar pembelian alat test cepat itu mengacu pada ketentuan medis. Seperti patologi klinik, spesifikasi dan sensitivitas alat.

“Alat rapid test yang digunakan tentu standar WHO, di mana produk peralatan medis yang digunakan dipastikan aman serta teruji dengan baik hasilnya,” tegasnya lagi.

Sementara itu ditanya apakah Pemko Palangka Raya bakal membeli alat rapid test buatan dalam negeri. Seperti produk yang dinamakan RI-GHA Covid-19 (Republik Indonesia-Gajahmada, Hepatika, Airlangga), menurut Andjar, pemko tidak menggunakan merk tersebut.

“Tidak ada perencanaan membeli alat tersebut ataupun menggunakan merk tersebut. Sekali lagi perlu diingat, untuk penggunaan rapid test haruslah dilakukan oleh tenaga kesehatan yang sudah profesional,”tandasnya. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*