INFO
Rapid Test Massal Berlanjut Sasar Kawasan Pasar PU

Rapid Test Massal Berlanjut Sasar Kawasan Pasar PU

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pelaksanaan rapid test massal di Kota Palangka Raya terus dijalankan sebagaimanan instruksi yang telah dikeluarkan oleh wali kota setempat.

Seperti pada Jumat (3/7/2020), tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya yang tergabung dalam Gugus Tugas Covid-19, kembali melakukan rapid test massal dengan menyasar pada kawasan yang berpotensi menjadi wadah penularan Covid-19.

“Sebelumnya rapid test dilaksanakan bagi para pelaku usaha di Pasar Kameloh, maka hari ini (Jumat red), kami melakukan rapid test di kawasan Pasar PU Jalan S Parman,” ungkap Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2) Dinkes Kota Palangka Raya, Irma Afsesta.

Dilakukan rapid test kata dia, sebagai tindak lanjut instruksi wali kota nomor 368/234/BPBD/Covid-19/VI/2020 tentang percepatan penanganan Covid-19 di area zona merah dan surat nomor 368/235/BPBD/Covid-19/VI/2020 tentang pelaksanaan wajib protokol kesehatan.

Disebutkan, ada sepuluh kawasan yang menjadi sasaran pelaksanaan rapid test massal tersebut, di antaranya, kawasan Pasar Besar, Pasar Kahayan, Pasar Puntun, Pasar PU Bawah, Pasar Kameloh, kawasan Pemukiman Puntun, kawasan Jalan Kalimantan.

“Lalu kawasan Jalan Sulawesi, Jalan Sumatra, dan Jalan Murjani Bawah sampai pabrik tahu. Pelaksaaan rapid test mulai 1 Juli hingga 10 Juli 2020 mendatang,” sebut Irma.

Diungkapkan , tercatat baru dua lokasi dari sepuluh lokasi yang ditentukan dari target pelaksanaan rapid test massal tersebut. “Dalam satu titik lokasi test, dapat dilaksanakan rapid test sebanyak 100-200 sampel reagen,” terangnya.

Adapun untuk pelaksanaan rapid test di delapan lokasi lainnya, maka jelas Irma, oleh tim akan dilakukan secara acak, serta tergantung situasi tenaga kesehatan.

“Tidak mungkin dilakukan tiap hari, karena kita juga harus jaga fisik. Sedangkan berapa jumlah sampel yang diambil dalam satu lokasi, juga tergantung luasan lokasi,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*