INFO
Ratusan Penari  Hyang Dadas Siap Tampil di Istana Negara

Ratusan Penari Hyang Dadas Siap Tampil di Istana Negara

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagaimana diketahui tim kesenian Provinsi Kalimantan Tengah akan tampil mewarnai HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, pada 17 Agustus 2019.

Tim kesenian yang merupakan  gabungan sangar -sanggar  seni  dari perwakilan beberapa kabupaten/kota se Kalteng itu berjumlah 250 orang. Mencakup penari dan pemusik serta  pelatih maupun produsen.

“Saat  ini tim kesenian, terutama tim Tari Hyang Dadas terus memantapkan latihan. Sehingga bisa tampil prima di hadapan Presiden Joko Widodo dan seluruh undangan di Istana Negara saat  HUT RI”, ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kalteng, Guntur Talajan, Jum’at (9/8/2019).

Menurut Guntur, dengan tampilnya tim kesenian Tari Hyang Dadas pada saat HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, adalah merupakan kesempatan besar yang tidak boleh disia-siakan oleh para pengiat dan pelaku seni budaya Kalteng.

“Ini kesempatan terbaik bagi kita untuk membuktikan, bahwa seni dan budaya serta kearifan lokal di Bumi Tambun Bungai memiliki nilai seni budaya yang sangat tinggi,” ujarnya.

Disisi lain lanjut Guntur, diberikannya kesempatan tim kesenian Kalteng untuk pentas di Istana Negara, menunjukkan seni dan kebudayaan Dayak telah dikenal  serta diperhitungkan.

“Ya, pak gubernur juga berpesan serta mengharapkan, bahwa kesempatan ini jangan disia-siakan. Tunjukkan dengan baik, bahwa seni dan budaya kita sangat luar biasa,” harapnya.

Sebelumnya Dwi Tia Amanda  Putri selaku pimpinan Abid Igal Dance Project mengatakan, tim kesenian Kalteng yang  akan mempertunjukkan tarian Hyang Dadas di Istana Negara nantinya, terdiri dari perwakilan sangar seni  Kota Palangka Raya, Kabupaten Barito Timur, Barito Selatan, Barito Utara, Murung Raya, Kapuas  dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Performa tim secara keseluruhan telah siap. Latihan juga telah maksimal dilakukan,” ujarnya.

Tim kesenian itu sendiri  tambah Dwi, dijadwalkan berangkat ke Jakarta pada 13 Agustus 2019.

“Pada 14 sampai 15 Agustus, tim kesenian akan mengikuti gladi menyesuaikan kondisi lapangan. Sedangkan pada 17 Agustus, tim sudah siap performa usai detik-detik Proklamasi,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*