INFO
Realisasi Serapan Keuangan Pemko Rendah

Realisasi Serapan Keuangan Pemko Rendah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Realisasi serapan keuangan di Pemerintah Kota Palangka Raya hingga Oktober 2018 ini sangat rendah jika dibandingkan dengan 13 kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah.

Realisasi keuangan Kota Palangka Raya baru mencapai 49,62 persen. Capaian ini menempatkan Palangka Raya di rangking 10 dari 14 kabupaten dan satu kota.

Sedangkan urutan pertama adalah Kabupaten Barito Selatan dengan realisasi 55,79 persen dan rangking 14 adalah Kabupaten Kapuas dengan realisasi serapan keuangan 46,14 persen. 

Progres serapan keuangan ini terungkap saat jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya mengadakan rapat pra pim TEPRA di Ruang Peteng Karuhei III, Kamis (4/10/2018).

Rendahnya realisasi keuangan di Pemerintah Kota Palangka Raya ini karena serapan kegiatan dari satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) juga rendah.

Dari lebih 30 SOPD lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya yang kinerjanya paling rendah adalah Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Rakyat Kota Palangka Raya dan yang paling baik adalah Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palangka Raya.

Dalam arahannya Asisten II Setda Kota Palangka Raya, Kandarani mengimbau kepada SOPD yang pos anggarannya paling besar untuk memanfaatkan sisa waktu yang tinggal tiga bulan ini agar menggenjot pelaksanaan kegiatan program.

“Jangan sampai ada kesan kejar target, sehingga hasilnya tidak maksimal, karena itu melalui rapat ini saya minta semua SOPD membuat alasan penyebab keterlambatan serapan anggaran, sehingga kita bisa mencarikan solusinya,” tandasnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*