INFO
Refreshing Kader Posyandu Balita

Refreshing Kader Posyandu Balita

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Sehingga diadakan kegiatan Refreshing Kader Posyandu Balita di wilayah kerja UPT Puskesmas Menteng Kota Palangka Raya, yang dilaksanakan di Aula Bapelkes Jalan Yos Sudarso, Kamis (4/7/2019).

Plt Dinas Kesehatan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Rofi mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan Posyandu adalah untuk menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas (Darah yang keluar dari rahim yang disebabkan melahirkan atau setelah melahirkan).

Selain itu juga untuk membudayakan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS) serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya.

Melalui kegiatan ini juga dapat meningkatkan wawasan kader-kader Posyandu sehingga nantinya dapat mengelola dan melaksanakan kegiatan Posyandu dengan baik.

Kepala Puskesmas Siti Hatinah, mengutarakan dalam pelatihan ini diikuti 35 kader Posyandu, nantinya tugas-tugas kader Posyandu, pertama memindahkan catatan-catatan dalam Kartu Menuju Sehat (KMS) ke dalam buku register atau buku bantu kader, kedua menilai hasil kegiatan dan merencanakan kegiatan hari Posyandu, dan terakhir mengunjungi kerumah-rumah, merupakan tindak lanjut dan mengajak ibu-ibu datang ke Posyandu pad kegiatan bulan berikutnya. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*