INFO
Rekor MURI Bermain Kecapi pada Rangkaian HUT Kota Cantik

Rekor MURI Bermain Kecapi pada Rangkaian HUT Kota Cantik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Acara yang sarat dengan seni budaya Dayak Kalimantan Tengah, kembali digelar Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya. Kali ini kegiatan seni bermain alat musik tradisional Kecapi terbanyak, guna pemecahan rekor dunia dan musium rekor Indonesia (MURI).

Seperti pada Minggu (5/8/2019) pagi, dengan mengambil lokasi di taman kota Jalan Yos Sudarso Palangka Raya (depan Stasiun TVRI Kalimantan Tengah), tampak ratusan pelajar tingkat  sekolah dasar dan menengah, tampak antusias bermain alat musik Kecapi, khas Dayak.

“Kegiatan ini dalam rangkaian peringatan HUT Kota Palangka Raya ke 62 dan HUT Pemerintah Kota Palangka Raya ke 54,” ungkap Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin usai menghadiri secara langsung dan membuka acara tersebut.

Fairid menyebutkan, setidaknya  ada 419 peserta yang ikut bermain alat musik Kecapi guna pemecahan rekor MURI.

“Membanggakan, bermain kecapi ini diikuti anak-anak pelajar. Ya, semuanya sebagai upaya memperkenalkan alat musik kecapi khas Dayak secara luas. Baik nasional dan internasional,” ucapnya.

Ia berharap, generasi penerus tidak lupa dengan sejarah budayanya, terlebih di zaman digitalisasi seperti sekarang ini.

“Setidaknya para pelaku seni bisa memadukan nuansa etnik musik lokal dengan moderenisasi agar kebudayaan kita tetap terjaga eksistensinya,” cetus Fairid.

Sementara itu Senior Manager MURI Jusuf Ngadri,  menuturkan, bahwa pemecahan rekor khusus untuk pagelaran kecapi Dayak Kalteng belum pernah dilakukan di belahan bumi manapun.

Meskipun kata dia, MURI sebelumnya pernah mencatatkan rekor untuk pagelaran kecapi Sunda dan Cina serta Sape dari Kaltim, namun yang dilakukan oleh masyarakat Palangka Raya tersebut tentu berbeda.

“Ini pagelaran kecapi Dayak Kalteng terbanyak yang pernah dilakukan. Kita menghitung jumlah peserta di dalamnya, bukan durasi permainan kecapi. Karena kecapi sejatinya untuk mengiring lagu atau tarian sesuai durasi yang ada,” jelas Ngadri.

Adapun dalam acara tersebut, selain dirangkai dengan penyerahan piagam rekor MURI dan penyerahan Buku MURI edisi ke 6 kepada Pemerintah Kota Palangka Raya, pada hari itu juga digelar hiburan rakyat dengan mengundang sejumlah artis ibukota seperti Fandy Kerispatih dan Rahmania Astrini.

Juga ada penampilan artis lokal seperti Daniel Nuhan dan Mutant Borneo Band yang meluncurkan lagu Kota Palangka Raya. Nampak ratusan masyarakat hadir memeriahkan rangkaian HUT Palangka Raya tahun 2019 ini. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*