TERKINI
Rescue dan Satpol PP Evakuasi ODGJ Tanpa Nama

Rescue dan Satpol PP Evakuasi ODGJ Tanpa Nama

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Masyarakat yang sering melintasi Jalan Diponegro selalu was-was dengan keberadaan orang dengan gangguang jiwa (ODGJ) yang selalu ada di jalur ini.

ODGJ yang tidak bisa berkomunikasi ini selalu ada saat malam hari, yang bersangkutan juga tidak bisa diajak komunikasi, sehingga masyarakat tidak bisa mengetahui asal usulnya.

Karena tak mau ada gangguan, maka seorang warga melaporkan keberadaan ODGJ ini ke layanan 112. Tim rescue dan personel Satpol PP langsung datang ke lokasi, Senin (25/7/2022) malam.

Proses evakuasi agak sulit, karena si ODGJ sulit diajak bicara. Anggota harus lebih banyak mengikuti aktivitasnya. Saat ODGJ duduk, maka anggota juga harus duduk di sampingnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Gloriana mengatakan saat si ODGJ belum bisa dirujuk ke RSJ Kalawa Atei karena masih menunggu persetujuan pihak keluarga.

“Hari ini tim Lurah Langkai dan Lurah Menteng beserta SOPD akan komunikasi dengan pihak keluarga, karena semua keluarganya menolak dan tadi malam tidak mau diantar ke rumah sakit dan mau tidur di posko PPKM Jalan Yogyakarta. Jadi tadi malam dititip dengan RT dan warga dan dia merasa aman dan nyaman di sana,” tutur Gloria, Selasa siang.(MC Isen Mulang.2/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*