INFO
RITIK Membuat Visi dan Kepemimpinan TIK Menjadi  Lebih Jelas

RITIK Membuat Visi dan Kepemimpinan TIK Menjadi Lebih Jelas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya melalui  Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Palangka Raya, Ikhwanuddin dalam kegiatan paparan laporan akhir Masterplan Tik Kota Palangka Raya di Aula Bapedda, Senin (2/9/2019) menyampaikan bahwa dengan Rencana Induk TIK (RITIK) akan membuat visi dan kepemimpinan TIK menjadi lebih jelas.
 
Prioritas pengembangan TIK pun menjadi jelas dan tidak lagi dilihat secara adhoc sehingga pada akhirnya peran dan manfaat TIK dapat terasa bagi pembangunan di Kota Palangka Raya.
 
Lanjut Ikhwanudin, Dokumen RITIK ini  dalam organisasi pemerintahan sering terabaikan padahal nilai investasi untuk infrastruktur teknologi informasi sangat tinggi, ditambah lagi dengan kecepatan teknologi yang cepat, butuh kecermatan yang tinggi dalam perencanaannya. Jadi tanpa adanya RITIK pengembangan TIK cenderung berjalan sendiri-sendiri dan tidak 
terintegrasi atau bahkan terduplikasi.
 
Untuk itu Walikota Palangka Raya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan penyusunan RITIK dan menilai bahwa ini akan memberikan kontribusi bagi upaya peningkatan dan pengembangan pelayanan pemerintah berbasis TIK dan juga terciptanya integrasi data dan layanan TIK di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya, ungkap Ikhwanudin.
 
Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik, Aratuni dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan penyusunan RITIK adalah untuk memperkuat peran dan fungsi kelembagaan e-Goverment, meningkatkan keselarasan implementasi, efektivitas dan meminimalisir dampak risiko e-Goverment serta meningkatkan ketersediaan SDM TIK yang berkualitas.
 
Peserta kegiatan adalah seluruh satuan organisasi perangkat daerah lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya dan praktisi TIK Kota Palangka Raya dengan narasumber tim tenaga ahli dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Palangka Raya, pungkasnya. (MC Isen Mulang/Dila)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*