INFO
Ritual ‘Lawang Sakepeng”  Budaya Dalam Perkawinan Adat Dayak Ngaju Kalteng

Ritual ‘Lawang Sakepeng” Budaya Dalam Perkawinan Adat Dayak Ngaju Kalteng

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Lawang Sakepeng merupakan salah satu rangkaian dalam perkawinan adat dayak ngaju Kalimantan Tengah yang artinya semacam pintu gerbang atau gapura. 

Lawang Sakepeng berbentuk gapura diberi rintangan benang,  pada  benang penghalang dibuat berbaris  3 dan dipasang bunga agar kelihatan indah dan menarik.
Pengantin pria dan rombongan tidak bisa masuk ke halaman rumah sebelum membuka Lawang Sakepeng dengan cara memutuskan benang-benang perintang oleh pesilat pesilat dari pihak perempuan dan pihak laki-laki dan diiringi musik tradisional gendang dan Gong.  

Acara ritual lawang sakepeng di saksikan oleh awak media center pada hari Jum’at sore , 16/11-2018 di tempat kediaman bapak Margo Toemon jalan Rajawali V nomor 83 Palangka Raya, yang melaksanakan  pernikahan puterinya bernama Martaisa Toemon dan Danny menurut adat dayak ngaju (pemenuhan hukum adat) Kalteng. 

Ridwan seorang penggiat seni dari sanggar Tut Wuri Handayani menuturkan filosofi Lawang Sakepeng merupakan sebuah rangkaian perkawinan adat dayak ngaju menggambarkan sebuah rintangan halangan dalam menghadapi sebuah kehidupan di sana tersimbol ada punggawa baik perwakilan dari perempuan dan laki-laki yang saling berhadap-hadapan memainkan silat  bela diri.

Adapun filosofi benang atau tali yakni tali satu menggambarkan putusnya halangan marabahaya yang terdapat dalam hidup dan kehidupan berkeluarga, tali 2  menggambarkan putusnya hubungan yang tidak baik antara keduanya untuk melakukan aktivitas berumah tangga tali ketiga adalah memutuskan segala sesuatu yang berhubungan dengan maut. 

Mengutip pernyataan  Sosiolog dari Universitas Palangka Raya Sidik R.  Usop.  Lawang Sakepeng merupakan simbol perjuangan untuk memulai hubungan yang baru, lebih dekat, dan lebih akrab dalam rumah tangga (MC. Isen Mulang/Tina).

 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*