INFO

Ritual Melaspas Pura Prajapati Umat Hindu di Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Umat Hindu di Kota Palangka Raya melaksanakan Ritual melaspas Pura Prajapati, tempat pemakaman umum di Jalan Cilik Riwut Km 12 Kota Palangka Raya, Jumat (19/6/2020).

Melaspas merupakan rangkaian kegiatan upacara pembersihan dan penyucian bangunan yang baru selesai dibangun agar dapat digunakan atau ditempati.

Ritual atau upacara melaspas juga dilakukan dengan tujuan agar terciptanya ketenangan dan kedamaian agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Ritual melaspas Pura Prajapati seyogyanya dihadiri seluruh umat hindu yang ada di Kota Palangka Raya, namun akibat kondisi pandemi Covid-19 hanya dihadiri pemangku dan beberapa warga yang hadir mengikuti rangkaian kegiatan ini.

Walaupun sempat diguyur hujan deras namun tidak menyurutkan warga untuk tetap melaksanakan secara khidmat.

Made salah seorang warga saat ditemui awak Media Center Mengatakan pembangunan Pura Prajapati ini merupakan cita cita lama warga hindu agar memiliki tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Palangka Raya yang dalam proses pembangunannya merupakan hasil swadaya warga

Walaupun sebelumnya terdapat TPU milik umat atau warga Hindu yang berdampingan dengan TPU milik umat Kristiani yang ada Jalan Cilik Riwut km 2,5.”Ucapnya (MC. Isen Mulang/Gusti/mt).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*