INFO
RSUD Doris Sylvanus Disiapkan Jadi Rujukan Penderita Virus Corona

RSUD Doris Sylvanus Disiapkan Jadi Rujukan Penderita Virus Corona

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bergerak cepat untuk menyikapi merebaknya penyebaran virus corona meski hingga sampai saat ini belum ditemukan ada warga Bumi Tambun Bungai yang terinfeksi oleh virus mematikan ini.

Adapun langkah yang telah diambil Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah adalah dengan memperketat pemeriksaan kesehatan di pelabuhan yang kapalnya langsung dari China.

Menurut Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Said Ismail saat ini ada tiga pelabuhan yang dilakukan pemantauan yakni di Pelabuhan Bahaur, Pelabuhan Sampit, dan Pelabuhan Kumai Pangkalan Bun.

“Selain itu bandara juga kita awasi, meski bandara kita bukan kategori international,” katanya, Senin (27/1/2020). Wagub mengatakan setiap penumpang akan dilakukan pemeriksaan melalui thermal scanner oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Dia menyebut saat ini thermal scanner telah terpasang di bandara dan pelabuhan. Langkah lainnya Pemprov Kalteng juga telah menyiapkan ruang isolasi di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Wagub mengatakan dipilihnya RSUD Doris Sylvanus sebagai rujukan penderita virus corona ini karena di rumah sakit ini masih tersedia banyak peralatan medis sisa flu burung dulu.

“Maka dari itu RSUD Doris kita minta melakukan simulasi penanganan penyakit akibat virus corona,” imbuhnya. Wagub menegaskan sampai saat ini belum ditemukan satu pun warga Kalteng yang terinfeksi virus corona.

Meski demikian pihaknya mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir, namun tetap harus waspada. Jadi masyarakat harus menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan, menutup hidung dan mulut jika bersin atau sedang batuk pilek. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*