INFO

RT/RW Diminta Selektif Data Pendatang Baru

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pengurus RT maupun RW di Kota Palangka Raya diminta secara selektif untuk mendata para pendatang baru yang ada diwilayahnya masing-masing. Hal itu dilakukan guna mempermudah pemantauan dari aktivitas yang dilakukan pendatang sebagai warga baru.

“Perlunya pendataan ini, disamping untuk mempermudah data kependudukan , disisi lain akan mempermudah pemantauan serta termonitornya aktivitas warga disuatu lingkungan RT/RW,” kata Nenie A Lambung, Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Selasa (11/6/2019).

Menurutnya, banyak hal-hal yang akan didapat manakala dilakukan pendatang terhadap warga pendatang. Antara lain masyarakat sekitar lingkungan setidaknya akan mengetahui status kependudukan, tempat tinggal ataupun pekerjaaan yang dilakoni setiap warga.

“Jika tidak dilakukan pendataan, bisa saja warga akan bertanya-tanya. Bahkan bisa menjadi resah manakala warga pendatang bersikap tertutup,” ujarnya lagi.

Terlepas dari pentingnya pendataan terhadap para pendatang lanjut Nenie, maka hal penting lainnya adalah perlunya pengawasan bersama terhadap keberadaan para pendatang disetiap lingkungan masyarakat.

“Nah, dalam konteks pengawasan dan pemantauan kondisi lingkungan, bukan hanya tugas RT/RW saja melainkan semua warga lingkungan,” tegasnya menekankan.

Contohnya lanjut Nenie, adanya peristiwa penggrebekan yang dilakukan aparat terhadap sejumlah oknum yang diduga teroris di Jalan Pinus Permai Kelurahan Panarung Kecamatan Pahandut Palangka Raya, dimana masyarakat cukup terkejut adanya peristiwa itu.

Adanya peristiwa ini menunjukan bahwa warga di lingkungan tersebut tidak saling kenal. Padahal untuk mengetahui aktivitas setiap warga sangat penting terutama untuk menjamin keamanan dan ketertiban lingkungan warga itu sendiri.

“Hendaknya menjadi pelajaran disetiap lingkungan warga. Dimana memiliki tanggungjawab secara bersama untuk peka dan peduli kondisi lingkungan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*