TERKINI
RTD-Antigen Berlaku untuk Penerbangan Jawa-Bali

RTD-Antigen Berlaku untuk Penerbangan Jawa-Bali

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Sebagaimana diketahui, pemerintah telah memberikan izin penggunaan syarat Rapid Test Diagnosis Antigen (RTD-Antigen) bagi pelaku perjalanan jalur udara di wilayah Jawa-Bali. Syarat perjalanan menggunakan moda tranportasi udara di Jawa-Bali, sama dengan syarat penerbangan non Jawa dan Bali.

“Pemberlakuan negatif RTD-Antigen sebagai persyaratan penerbangan wilayah Jawa-Bali sudah mulai diberlakukan pada 3 November 2021,”ungkap Executive General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya, Siswanto, Rabu (3/11/2021).

Dikatakan, selain diperbolehkan memakai RTD-Antigen, maka syarat lainnya harus didukung dengan bukti telah divaksin Covid-19 dosis kedua.

Perlu diketahui tambah dia, penggunaan bukti negatif tes Covid-19 dengan menggunakan metode RTD-Antigen (1×24 jam) bagi calon pelaku perjalanan udara menuju wilayah Jawa-Bali, hanya berlaku bagi penumpang yang telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 hingga dosis kedua.

Untuk yang baru mendapatkan suntikan pertama vaksin Covid-19, para calon pelaku perjalanan udara menuju wilayah Jawa-Bali tetap menggunakan hasil negatif Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) masa berlaku 3×24 jam dan bukti vaksin Covid-19 dosis pertama.

“Selain itu calon penumpang juga tetap diwajibkan mempunyai akun PeduliLindungi dan mengisi E-HAC saat sebelum keberangkatan,” tambahnya.

Disisi lain Siswanto mengungkapkan, bagi pelaku perjalanan dengan usia di bawah 12 tahun saat ini sudah diperbolehkan untuk melakukan perjalanan dengan moda transportasi udara sesuai daerah tujuan, dengan ketentuan melampirkan dokumen negatif Covid-19 sesuai ketentuan dan kartu keluarga serta didampingi orangtuanya.

Sedangkan, bagi pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus dan tidak dapat menerima vaksin tetap bisa terbang dengan melampirkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah yang menyatakan belum bisa ikut vaksinasi. MC Isen Mulang.1/wspd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*