INFO
Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Hadir di Taman Nyahu Papan Taliwu

Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Hadir di Taman Nyahu Papan Taliwu

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya Fairid Naparin melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBP3APM) Kota Palangka Raya, bekerjasama dengan Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan, Bapedalitbang, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palangka Raya memberikan pelayanan optimal dalam pemenuhan hak anak dengan menghadirkan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) di Taman Nyahu Papan Taliwu Jalan Seth Adji Kota Palangka Raya, Senin (6/9/2021).

Sebagai Indikator standarisasi RBRA dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia
yakni RBRA harus mampu memfasilitasi kegiatan budaya kreatif anak bermain dan bersosialisasi.

Sehubungan dengan itu DPPKBP3APM Kota Palangka Raya bersama perangkat daerah terkait mengadakan simulasi dalam perlidungan anak apabila terjadi musibah dan kecelakaan kecil yang menimpa anak-anak pada RBRA. Sehingga RBRA nantinya diharapkan menjadi wadah kegiatan anak bermain dengan aman dan nyaman, terlindungi dari kekerasan dan hal-hal lain yang membahayakan serta tidak dalam situasi dan kondisi diskriminatif.

Sahdin Hasan selaku Kepala DPPKBP3APM Kota Palangka Raya menyampaikan bahwa, RBRA ini dibangun dan dikembangkan di lingkungan alami dan lingkungan buatan.

Setiap peralatan dan perabotan bermain pada RBRA tidak boleh ada sudut lancip yang bisa menyebabkan luka, dan tentunya menggunakan media tidak keras.

“Selain itu juga harus memenuhi standar keamanan, menyesuaikan usia, tinggi badan, berat badan, kesehatan, kebersihan, kenyamanan, pencahayaan dan pengelolaan RBRA,” tutup Sahdin . (MC. Isen Mulang/usep/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*