INFO
Rumah Baca Menginspirasi dan Mencerdaskan Anak Daerah Aliran Sungai Kahayan

Rumah Baca Menginspirasi dan Mencerdaskan Anak Daerah Aliran Sungai Kahayan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat Jurnalis Kominfo Palangka Raya menginjakkan kaki di rumah taman baca dan belajar “Ransel Buku”,  Kamis (3/10/2019), anak- anak sedang asyik belajar Bahasa Inggris, lelah kami terasa hilang setelah melihat antusias anak- anak belajar. Rumah baca dan belajar yang dinamai ‘RANSEL BUKU’ tepat berada di Tepi Sungai Kahayan Kelurahan Petuk Ketimpun Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya.

Ransel Buku didesain seperti perpustakaan, disana banyak jenis buku khusus untuk anak-anak, alat tulis dan alat kesenian dan budaya. Sejak berdiri hingga kini, Ransel Buku selalu ramai dikunjungi anak- anak sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) mulai jam 13.00 WIB setelah pulang sekolah, saat ini anak- anak yang aktif selalu datang belajar dan latihan seni budaya berjumlah 50 orang dengan jenjang usia yang berbeda – beda dari usia 5 tahun sampai 13 tahun setiap harinya.

Kami menyempatkan berbincang-bincang dengan salah satu pengajar Bahasa Inggris, Liliana mengatakan “Kebanggaan yang luar biasa bisa memberikan sesuatu kepada anak-anak pinggiran sungai ini dan memotivasi mereka meraih cita-cita setinggi -tingginya.

Rumah baca ini memberikan menginspirasi bagi mereka untuk terus semangat belajar walaupun keadaan ekonomi keluarganya kurang mampu, ucapnya.

Wanita lulusan Sarjana Pendidikan Sastra Inggris Universitas Palangka Raya ini sudah 3 tahun mengajar anak- anak khusus pelajaran Bahasa Inggris setiap hari Kamis, selain di Ransel Buku Liliana juga keliling kampung mengajar anak-anak yang mayoritas orangtuanya bekerja sebagai nelayan. Tekadnya hanya ingin mencerdaskan anak-anak agar tidak putus sekolah dan bisa bersaing dengan dunia luar.

Selain Liliana tenaga pengajar di Ransel Buku memiliki tiga pengajar, dua pengajar Bahasa Inggris, satu pengajar seni budaya dan satu lagi Fery Irawan jurusan PGSD sekaligus pendiri rumah belajar dan membaca tersebut. (MC.Isen Mulang/ Rohani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*