INFO
Rumah Tradisional (Huma Hai) Mahin di Tetapkan Sebagai Cagar Budaya di Kota Palangka Raya

Rumah Tradisional (Huma Hai) Mahin di Tetapkan Sebagai Cagar Budaya di Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Rumah Tradisional (Huma Hai) Mahin Jalan Metar Duha Kelurahan Mungku Baru Kecamatan Rakumpit direkomendasikan satu diantara delapan bangunan dan struktur cagar budaya berperingkat di Kota Palangka Raya.

Objek cagar budaya telah didaftarkan oleh tim pendaftaran cagar budaya Kota Palangka Raya kepada tim ahli cagar budaya untuk dikaji kelayakannya.

Sambutan Walikota Palangka Raya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Ir Kandarani saat menghadiri kegiatan sosialisasi cagar budaya di Kelurahan Sei Gohong Kota Palangka Raya, Rabu (23/6/2021).

Kandarani menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Palangka Raya telah berupaya melakukan pentahapan dalam rangka pelestarian cagar budaya yaitu melewati tahap registrasi yang mencakup pendaftaran, pengkajian, penetapan, pencatatan, dan pemeringkatan cagar budaya berdasarkan rekomendasi tim ahli cagar budaya.

Lanjutnya upaya dinamis pelestarian, penyelamatan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya perlu dilakukan untuk mempertahankan keberadaan cagar budaya dan nilainya untuk mencegah serta menanggulangi cagar budaya dari kerusakan, kehancuran, kemusnahan dengan cara penyelamatan, pengamanan, zonasi, pemeliharaan dan pemugaran.

“Dari 20 objek diduga cagar budaya di wilayah kota Palangka Raya yang sudah didaftarkan oleh tim pendaftaran cagar budaya Kota Palangka Raya untuk dikaji kelayakannya direkomendasikan 8 cagar budaya berperingkat diantaranya Gedung serba guna Tjilik Riwut, Jl Tjilik Riwut Km 1, Rumah Tradisional (Huma Hai) Mahin Jl Metar Duha, Pesanggrahan Tjilik Riwut Jl S Parman, Tower PDAM Jl Ahmad Yani, Monumen tiang pancang Jl S Parman, Sandung Ngabe Sukah Jl Dr Murjani, Rumah Tjilik Riwut Jl Jenderal Sudirman, Rumah tradisional Sei Gohong Kelurahan Sei Gohong”.

Kedepan Kandarani mengharapkan dengan ditetapkannya 8 cagar budaya di Kota Palangka Raya diperlukan sinergi antara Pemerintah dan Masyarakat serta dukungan daei beebagai pihak dalam upaya mendorong partisipasi untuk melestarikan cagar budaya yang ada di Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/Gusti/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*