INFO
Sadar Wisata Diperlukan Dalam Membangun Kepariwisataan

Sadar Wisata Diperlukan Dalam Membangun Kepariwisataan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Camat Bukit Batu Kota Palangka Raya Herwin mengatakan, dari sembilan program unggulan yang menjadi visi dan misi walikota dan wakil walikota Palangka Raya saat ini, yakni mewujudkan smart economy (ekonomi cerdas), dimana  salah satunya menjadikan Kecamatan Bukit Batu sebagai sentra pariwisata. Hal tersebut disampaikan Herwin, saat dibincangi, Jum’at (5/10/2018), di Palangka Raya

Kata camat, pihaknya berkeyakinan pengembangan kepariwisataan di Kecamatan Bukit Batu akan dapat berkembang. Namun begitu diperlukan dukungan banyak pihak, terutama dari kelompok-kelompok sadar wisata, yang selama ini terus berupaya melakukan inovasi dalam memajukan kepariwisataan.

“Pemahaman akan pentingnya pengembangan kepariwisataan sangat disadari. Terlebih semua ini sejalan dengan visi dan misi walikota terpilih dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Palangka Raya,” ungkapnya.

Waktu terpisah, Kepala Bidang Destinasi Wisata dan Kelembagaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Tirta, mengatakan, pembangunan pariwisata di Kalteng pada umumnya, sangat dibutuhkan dukungan dari berbagai kalangan. Tidak hanya sarana prasarana dan anggaran saja yang difokuskan untuk itu. Namun juga diperlukan sumber daya manusia (SDM).

“Disbudpar kalteng saat ini gencar dalam melakukan kegiatan bersifat budaya dan seni, juga memberikan penyuluhan bagi para kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang berada di destinasi wisata. Ini guna menunjukan dukungan penting dalam membangun pariwisata,”  ucapnya.

Lanjut Tirta, sadar wisata adalah suatu kondisi yang menggambarkan perlunya partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat, dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan kembangnya pariwisata.

“Sebab itu kami mengajak para  pokdarwis agar memiliki kepedulian dan kesadaran dalam membangun iklim kondusif kepariwisataan, terutama mewujudkan sapta pesona pembangunan kepariwisataan di Kota Palangka Raya,” cetusnya. (MC. Isen Mulang.1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*