INFO
Satgas Covid-19 Rekomendasikan Operasional Empat Usaha Hiburan

Satgas Covid-19 Rekomendasikan Operasional Empat Usaha Hiburan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengatakan, segala bentuk bidang usaha, termasuk kegiatan masyarakat, kini telah diberikan kelonggaran beroperasi atau beraktivitas. Hanya saja dengan catatan wajib menjalankan protokol kesehatan.

“Tadi kami baru saja menyerahkan rekomendasi kepada pelaku usaha hiburan yang sudah diverifikasi memenuhi protokol kesehatan serta memiliki perizinan yang jelas berdasarkan ketentuan,”ungkap Emi, Senin (10/8/2020).

Setidaknya sebut Emi, ada empat usaha hiburan yang telah menerima rekomendasi dari satgas covid-19. Tempat usaha hiburan tersebut antara lain, Nav Karaoke, Dtones By Afgan Karaoke, D’Lavan Karaoke Keluarga dan Zoom Pool Billiard & Bar.

Adapun secara rinci ketentuan protokol kesehatan yang wajib dijalankan ke empat usaha tersebut selama beroperasi beber Emi, antara lain menyiapkan tempat cuci tangan, menyiapkan petugas yang cukup untuk melaksanakan protokol kesehatan.

Lalu, mengatur jarak antrian pada saat memasuki ruangan minimal 1 meter dan menghindari kontak fisik secara langsung. Seluruh pengunjung dan pengelola dipastikan dalam kondisi sehat dan dilakukan pengecekan suhu badan dengan alat thermogun. Lalu semuanya wajib menggunakan masker.

Selanjutnya melakukan sterilisasi lokasi dengan menggunakan disinfektan sebelum dan sesudah beroperasi,menyiapkan hand sanitizer. Berikutnya, membuat spanduk/x-banner/pamflet himbauan di beberapa area, yaitu di pintu masuk, lobby dan setiap ruangan.

Sementara khusus untuk karaoke, maka meja, kursi, dan microphone dilakukan sterilisasi dengan disinfektan setiap pergantian sesi pengunjung. Begitupun alat microphone wajib menggunakan pelindung/ cover mic.

Kemudian, mengatur jarak tempat duduk berselang dengan jarak 1 meter baik di dalam ruangan karaoke dan juga ruang tunggu/ lobby. Kapasitas ruangan karaoke digunakan hanya 50%.Setiap pengunjung dan pengelola wajib memperhatikan etika batuk/bersin/meludah.

“Waktu beroperasi keseluruh tempat usaha ini hanya sampai pada Pukul 00.00 WIB,terang Emi.

Adapun bagi setiap orang yang melanggar ketentuan-ketentuan tersebut akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.”Penegakkan hukum dan sanksi tersebut dilaksanakan oleh Tim Satuan Tugas Penanganan covid-19 Kota Palangka Raya,”tandas Emi. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*