INFO

Satpol PP Bongkar Rumah yang Dijadikan Bisnis Prostitusi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tim gabungan yang dipimpin Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya, Baru I Sangkai membongkar secara paksa terhadap enam rumah di Jalan Mahir Mahir arah Pulang Pisau, Rabu (26/4/2017) pukul 08.00 WIB.

Alasan dibongkar karena ke-6 rumah itu terbukti digunakan untuk usaha prostitusi. Sebelumnya petugas Satpol PP menangkap basah pelaku mesum di enam rumah tersebut.

Para pelaku sudah diperiksa dan mereka telah menandatangai surat berita acara pemeriksaan. Selanjutnya Walikota Palangka Raya mengeluarkan surat peringatan jika pada batas waktu hingga 15 April 2017 ini ke-6 rumah tersebut tidak dibongkar sendiri, maka akan dibongkar paksa oleh tim gabungan.

Kepala Satpol PP Baru I Sangkai mengatakan dibongkarnya enam rumah itu karena telah melanggar Perda Nomor 17 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum Dalam Kota dan Perda Nomor 13 Tahun 2009 tentang Pengaturan Penertiban dan Pengawasan Pedagang Kaki Lima.

Mereka juga melanggar Perda Nomor 16 Tahun 2009 tentang Bangunan Gedung, Perda Nomor 09 Tahun 2012 tentang Penanganan Gelandangan, Pengemis, Tuna Susila, dan Anak Jalanan.

Baru mengatakan awalnya pembongkaran rumah atas perintah walikota ini dilakukan dengan menggunakan alat excavator milik Dinas Pekerjaan Umum dan dikawal oleh aparat keamanan.

Namun lantaran pemilik rumah bersedia membongkar sendiri, sehingga pembongkaran menggunakan alat berat dihentikan. Tapi proses pembongkaran terus diawasi oleh petugas sampai selesai.

Adapun jumlah petugas yang dikerahkan untuk mengawal proses pembongkaran rumah ini dari kepolisian 25 orang, polisi militer 5 orang, dari TNI 5 orang, Satpol PP 44 orang, Dinas Perhubungan 4 orang, Dinas Perumahan 2 orang, dan Dinas Perdagangan 2 orang. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*