INFO
Satu Heli Water Boombing Tiba di Tjilik Riwut

Satu Heli Water Boombing Tiba di Tjilik Riwut

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengirimkan satu helikopter water boombing ke Provinsi Kalimantan Tengah.

Heli ini tiba di Bandara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, Jumat (19/7/2019) siang. Untuk sementara heli ini masih standby di Bandara Tjilik Riwut.

Heli ini didatangkan BNPB atas permintaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Tengah yang meminta enam unit heli water boombing.

Heli ini nantinya akan digunakan untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah selama musim kemarau.

Hanya saja Plh. Kepala BPBD Provinsi Kalimantan Tengah, Mofit Saptono Subagio belum berani memastikan kapan heli water boombing ini mulai dioperasionalkan.

“Nanti tergantung dari gubernur untuk digunakan di mana. Jadi operasional heli ini menunggu instruksi dulu dari Satgas Karhutla,” kata Mofit melalui telepon seluler.

Begitu juga dengan Kapten Irvan. Pihaknya belum berani memastikan kapan heli yang dia bawa ini dioperasionalkan untuk membantu penanggulangan Karhutla di Kalimantan Tengah.

“Heli sudah ready sejak tadi siang dan saat ini tinggal menunggu team PPK dari BNPB. Tapi heli ini akan dioperasionalkan selama musim kemarau sampai musim hujan tiba,” tulis Kapten Irvan melalui pesan WhatsApp. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*