INFO
Sejumlah Sembako di Pasar Kahayan Alami kenaikan Jelang Bulan Ramadan

Sejumlah Sembako di Pasar Kahayan Alami kenaikan Jelang Bulan Ramadan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sejak dua minggu menjelang memasuki bulan Ramadan, beberapa komoditi harga bahan pokok di pasar tradisional Kota Palangka Raya mengalami kenaikan.

Hal ini atas pantauan awak media center di pasar tradisional berkonsep modern yakni pasar Kahayan di jalan Tjilik Riwut Kota Palangka Raya pada Selasa (30/4/2019).

Beberapa jenis bahan pokok yang mengalami kenaikan seperti beras jenis mayang yang paling digemari warga, ini jenis beras banjar, harganya naik Rp2 ribu per kilogram, sebelumnya harga Rp14 ribu sekarang naik menjadi Rp16 ribu.

Demikian pula gula pasir, juga mengalami kenaikan, sudah dua minggu ini kata Zam’i penjual bahan pokok, menjelang bulan Ramadan gula pasir naik harganya dari Rp11 ribu menjadi Rp13 ribu per kilogram.

Untuk harga bahan pokok lainnya yang juga mengalami kenaikan, seperti ayam kampung dan ayam ras. Hamnah penjual ayam mengatakan, ayam kampung sudah dua minggu menjelang ramadan naik harganya dari Rp65 ribu/kg menjadi Rp70 ribu/kg, bahkan katanya kalau sudah masuk bulan Ramadan biasa naik lagi sampai Rp75 ribu/kg. Dia juga mengatakan bahwa ayam ras juga sudah naik dari Rp35 ribu/kg menjadi Rp45 ribu/kg.

Namun untuk telur ayam maupun telur itik masih relatif stabil, walaupun sebenarnya telur itu banyak diperlukan pada bulan Ramadan, untuk membuah kue ramadan yang rata-rata menggunakan telur, seperti kue bingka, kue beceper yang paling digemari.

Hasil pantauan lainnya, yakni ikan sungai maupun ikan laut. Udin penjual ikan di pasar kahayan mengatakan bahwa walaupun menjelang bulan Ramadan harga ikan sungai belum ada kenaikan, ikan nila masih Rp36 ribu/kg, patin Rp26 ribu/kg, tetapi kalau ikan laut harganya turun naik tidak menentu, menyesuaikan keadaan pasang surut air dan mereka mendatangkan ikan dari Banjarmasin, pungkas Udin. (MC. Isen Mulang/ykris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*