INFO
Sekda : APIP Jadi Mata dan Telinga Pimpinan

Sekda : APIP Jadi Mata dan Telinga Pimpinan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Keberadaan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah  (APIP) diharapkan mampu terus bekerjasama dalam menciptakan sinergitas program pengawasan, sehingga apa yang menjadi target-terget kinerja pemerintah dapat terus ditingkatkan dan dipertahankan.
 
Ungkapan tersebut disampaikan Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu saat membacakan sambutan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin pada kegiatan gelar pengawasan dan tindaklanjut rekomendasi  hasil pemeriksaan BPK RI, BPKP, Inspektorat Provinsi Kalteng dan Inspektorat Kota Palangka Raya, Selasa (10/12/2019), di 
 
“Kita bersyukur  atas kerja keras teman-teman dibidang pengawasan, sehingga  Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya bisa mendapatkan hasil memuaskan opini wajar tanpa pengecualian (WTP)  tiga tahun berturut-turut,”  ungkap Sekda 
 
Lebih jauh Hera mengatakan, opini WTP yang mampu diraih selama ini, diharapkan jangan membuat pemko cepat puas, namun upaya meningkatkan kinerja harus terus ditingkatkan.
 
APIP lagi-lagi kata dia  diharapkan betul-betul berperan sebagai penjamin  mutu penyelenggaraan  pemerintah daerah demi terwujudnya good and clean-government.
 
Disisi lain, APIP  harus mampu menjadi mata dan telinga dari pimpinan. Baik dalam  menjalankan peran assurance, coonculting, hingga hal-hal yang spesifik seperti investigasi.
 
“Pada akhirnya membangun APIP menjadi tugas bersama , serta harus dibangun berdasarkan nilai profesional, integritas, orientasi pengguna, nurani dan akan sehat, indepensi dan responsible (Pionir),” jelasnya.
 
Disinggung terkait gelar pengawasan dan  penyelesaian tindak lanjut rekomendasi, terutama yang berkaitan dengan temuan yang mencakup dengan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan yang dilakukan OPD, maka Pemko Palangka Raya, harus melakukan langkah-langkah strategis dan upaya konkrit untuk menyelesaikan temuan tersebut.
 
“Keberhasilan meraih opini WTP sangat dipengaruhi  tingkat penyelesaian tindak lanjut rekomedasi hasil pemeriksanaan BPK RI,” tegas Hera.
 
Selain itu, tindak lanjut temuan hasil pemeriksaan BPK tersebut imbuh Hera, juga merupakan cerminan dari komitmen Pemerintah Kota Palangka Raya dalam pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).
 
“Semua ini untuk mendorong pemerintahan yang bersih dan akuntabel serrta diharapkan dapat mendorong terwujudnya tata kelola keuangan pemerintah daerah  yang baik, sebagaimana tertuang dalam visi dan misi  Pemerintah Kota Palangka Raya saat ini,” tandasnya.
 
Adapun kegiatan yang berlangsung di Gedung Pertemuan Palampang Tarung Palangka Raya tesebut  dihadiri perwakilan BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah, perwakilan BPKP dan perwakilan Inspektorat Provoinsi Kalteng serta Inspektorat Kota Palangka Raya. 
 
Acara turut dihadiri para asisten dan staf ahli Setda Kota Palangka Raya, serta  jajaran kepala OPD. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*