INFO

Sekda Kota Palangka Raya Terpilih Tidak Boleh Rangkap Jabatan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya terpilih dari hasil lelang jabatan sudah diumumkan oleh Walikota Palangka raya, Riban Satia.

Calon Sekda terpilih ini adalah Rojikinor yang saat ini masih menjabat Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Palangka Raya. Hanya saja kapan Rojikin dilantik sebagai Sekda definitif, walikota mengaku belum tahu.

Sebab Pemerintah Kota Palangka Raya masih menunggu rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan setelah itu baru bisa dilakukan pelantikan oleh walikota.

Meski belum dilantik, namun kabar nama Rojikinor sudah positif akan dilantik sebagai Sekda definitif ini sudah diketahui oleh Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto.

Tentunya kabar ini sangat menggembirakan bagi kalangan dewan. Apalagi posisi jabatan Sekda Kota Palangka Raya sejak empat tahun terakhir ini masih dijabat oleh pelaksana tugas (Plt).

Sigit berharap dengan dilantiknya Rojikinor nanti status jabatan Sekda menjadi definitif, sehingga akan berdampak terhadap peningkatan pelayanan publik dan kepemerintahan.

Hanya saja Sigit mengharapkan kepada pejabat Sekda Kota Palangka Raya nanti kalau bisa jangan sampai merangkap jabatan, karena akan mempengaruhi dalam bekerja. Bila masih merangkap jabatan, maka tugas dan tanggung jawabnya kurang fokus. 

“Sekda itu adalah jabatan birokrasi tertinggi atau jabatan bergensi. Posisi Sekda adalah dapurnya pemerintah. Jadi saya lebih setuju jika Rojikinor sudah dilantik, maka harus fokus menjadi Sekda, jangan merangkap jabatan,” tegasnya. 

Sigit menambahkan yang tidak kalah penting dengan dilantiknya Rojikinor sebagai Sekda definitif nanti tugasnya tidak hanya fokus mengurusi masalah birokrasi pemerintahan, tapi juga harus bisa bermitra dengan DPRD. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*