INFO
Sekolah Jangan Bebankan Orangtua Siswa Membeli Buku

Sekolah Jangan Bebankan Orangtua Siswa Membeli Buku

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Akhmad Fauliansyah mengingatkan sekolah-sekolah, baik Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), agar tak membebankan siswa membeli buku sebagai bahan penunjang kegiatan belajar mengajar .

“Terutama sekolah-sekolah di bawah kewenangan Disdik, agar jangan membuat kebijakan yang mengharuskan orang tua siswa membeli buku,” ungkapnya, Rabu (22/7/2020).

Menurut Fauliansyah, apabila pihak sekolah membebankan siswa membeli buku maka dikhawatirkan akan merepotkan orang tua siswa. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Sebab itulah pihak sekolah harus mampu memahami kondisi tersebut.

Diungkapkan, bila mengacu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 tentang komite sekolah, maka di dalam aturan telah membahas tentang pelarangan menjual buku kepada siswa.

“Maka itu kami harapkan agar pihak sekolah bisa mentaatinya. Jangan sampai membebani orang tua siswa karena kemampuan ekonomi setiap orang tak bisa disamakan apalagi di saat pandemi ini,”tukasnya.

Selebihnya Fauliansyah menyarankan, ada baiknya pihak sekolah dapat memanfaatkan buku-buku yang ada di perpustakaan yang bisa dipinjamkan kepada siswa secara bergiliran.

“Kalaupun jika memang harus menyediakan buku, maka sekolah bisa memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*