INFO
Sekolah Model SPMI Menuju Sekolah Berkualitas Mutu

Sekolah Model SPMI Menuju Sekolah Berkualitas Mutu

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Tengah, di tahun 2019 ini telah memberikan pendampingan  sebanyak 282 sekolah model Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal (SPMI), yang tersebar di kabupaten/kota  yang ada di provinsi Tambun Bungai tersebut.

“Jika tahun 2018 lalu pendampingan sekolah model  SPMI di Kalteng ada sebanyak 210 sekolah, maka ditahun  2019 ini bertambah menjadi 282 sekolah,” ungkap Kepala LPMP Provinsi Kalimantan Tengah, Sukaryanti, Sabtu (27/7/2019).

Disela-sela acara Ekspose Sekolah Model SPMI  se-Kalteng, di Aula LPMP di Palangka Raya, Sukaryanti menjelaskan, upaya membentuk sekolah model  di Kalteng dilakukan melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kalteng dan Kabupaten/kota.

Sekolah-sekolah yang terdiri dari tingkat dasar, sekolah tingkat menengah dan  sekolah tingkat atas serta sekolah kejuruan tersebut kata dia,  sejauh ini telah  dilakukan pendampingan untuk menjalani model SPMI.

“Seperti hari ini kita ekspos sekolah model SPMI, dimana setiap kabupaten/kota diwakili empat sekolah model, setelah melalui penjaringan di daerah masing-masing. Kita akan menyeleksi 3 sekolah untuk mewakili Kalteng di tingkat nasional,” sebutnya.

Dijelaskan, secara umum  sekolah yang  berhasil menerapkan model SPMI  adalah dilihat dari keberhasilan menjalani siklus mutu, dan keberhasilan prestasi peserta didik maupun prestasi para pendidiknya.

“Tentu sekolah mengawali dengan perencanaan, penerapan dan terus menerus melakukan evaluasi dan solusi perbaikan guna meningkatkan siklus mutu pendidikan,” terangnya.

Diharapkan tambah Sukaryanti, sekolah-sekolah yang mampu menjadi model SPMI ini, dapat menjadi percontohan atau mengimbas keberhasilannya bagi sekolah-sekolah lainnya di kabupaten/kota di Kalteng.

Adapun kegiatan ekspose  sekolah model SPMI se Kalteng yang dilaksanakan hingga tanggal 28 Juli 2019 tersebut, turut dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Suhardi , Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Sutanto.

Kemudian turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Slamet Winaryo mewakili Gubernur Kalteng. Terlihat pula Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah, serta perwakilan dari Pemerintah Kabupaten  lainnya di Kalteng. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*