INFO
Sektor Perdagangan Serap KUR Paling Besar

Sektor Perdagangan Serap KUR Paling Besar

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Tim Advisor Bank Indonesia Kalteng, Setian menyebut sektor perdagangan besar dan eceran paling banyak menyerap kredit usaha rakyat (KUR) yang disalurkan oleh 8 bank dan 1 lembaga jasa keuangan non bank.

“Per 18 September 2019 progress penyaluran KUR ke sektor perdagangan besar dan eceran mencapai 53,23 persen dari total Rp930 miliar,” kata Rihando, Sabtu (12/10/2019).

Urutan kedua adalah sektor usaha pertanian, perburuan, dan kehutanan sebanyak 29,26 persen. Kemudian jasa kemasyarakatan, sosial budaya, hiburan, dan perorangan lainnya 6,41 persen.

“Dana KUR lainnya dimanfaatkan untuk usaha industri pengolahan 2,91 persen, penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minim 2,78 persen, dan lain-lain 5,40 persen,” tuturnya.

Besarnya KUR terserap oleh sektor perdagangan besar dan eceran, karena jumlah pelaku usaha yang bergerak dibidang tersebut juga paling banyak di wilayah Kalimantan Tengah.

Rihando menambahkan dampak positif dari kucuran modal usaha ini bisa meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Lainnya pendapatan pelaku usaha juga akan meningkat. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*