INFO

Sektor Pertanian Mampu Bertahan di tengah Pandemi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Akibat wabah virus corona, perekonomian menjadi kurang stabil, dalam kondisi seperti ini sektor pertanian terbukti masih mampu bertahan dalam situasi apapun termasuk defisit perdagangan.

Sektor ini tidak bisa dianggap remeh karena berkaitan langsung dengan kebutuhan masyarakat asal adanya jaminan akses pangan yang mudah didapat dengan harga yang wajar atau normal bagi seluruh masyarakat.

Kelurahan Kalampangan sebagai salah satu daerah pemasok sayur mayur di Kota Palangka Raya, masih menggenjot produksi pertanian, berbagai macam sayur mayur ditanam di daerah ini mengingat pengerjaan yang tidak terlalu sulit hanya memakan waktu 3 bulan lamanya.

Sri Hartini warga Kalampangan yang bekerja sebagai petani sayur saat ditemui awak media center, Selasa (16/6/2020) mengatakan, 4 bulan semenjak wabah merebak di Kota Palangka Raya memang cukup berdampak pada komoditas pertanian, hal ini dikarenakan daya beli masyarakat yang mulai menurun.

Namun hal ini tidak berlangsung lama, seiring waktu berjalan penyediaan sayur mayur dan kedisiplinan petani untuk menggenjot pasokan ke Kota Palangka Raya membuat perekonomian keluarga tetap berjalan dengan baik.

“Memang dampak daya beli masyarakat sempat menurun ketika wabah corona merebak di kota Palangka Raya, dalam satu minggu hampir tidak ada yang beli sayur ke kebun. Banyak hasil kebun berupa sayur mayur tidak habis terjual,” ucap Sri.

Sri menanam sayur mayur yang bisa dipanen dalam jangka waktu kurang dari 3 bulan seperti bawang prei, sawi, lombok, bawang merah dan bawang putih. Dengan masa tanam dan masa panen yang singkat membuat pasokan sayur mayur kepada masyarakat tidak pernah putus, apalagi setelah memasuki masa panen petani kembali menanam bibit sayur agar tidak ada jeda yang lama antara masa panen ke masa tanam kembali.

Hal ini dikarenakan sayur mayur tersebut merupakan bahan pokok kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari hari, hal ini membuat keyakinan bahwa sektor sayur mayur masih bertahan asalkan didapat dengan harga yang wajar dan normal untuk masyarakat. (MC. Isen Mulang/Gusti/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*