INFO
Selain Siswa Baru, Orangtua Perlu Kenal Lingkungan Sekolah

Selain Siswa Baru, Orangtua Perlu Kenal Lingkungan Sekolah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Siswa baru di Kota Palangka Raya mulai mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

“Pada hari ini siswa, khususnya pada jenjang SD dan SMP mulai masuk sekolah. Sebagian besar sekolah melaksanakan kegiatan MPLS,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan, Senin (15/7/2019).

Seperti yang telah dirinya tegaskan bahwa kegiatan MPLS dipastikan tidak akan terjadi kekerasan fisik ataupun perpeloncoan. Mengingat MPLS lebih pada penguatan nilai-nilai edukasi yang bertujuan agar peserta didik baru dapat beradaptasi mengenal lingkungan sekolah.

Alangkah baiknya apabila selama pelaksanaan MPLS ataupun hari pertama masuk sekolah orangtua atau wali siswa menyempatkan diri untuk mengantarkan anaknya ke sekolah dan sekaligus memanfaatkan waktu tersebut untuk mengenal lingkungan sekolah.

“Saya mengapresiasi kehadiran orang tua atau wali siswa yang bisa mengantar anak didiknya ke sekolah. Setidaknya ada terjalin komunikasi antar orangtua dengan pihak sekolah,” ujarnya.

Selain itu kata dia, dengan adanya kehadiran orang tua di sekolah, paling tidak menjadi suatu kesempatan sekaligus kesepakatan antara orang tua dengan kepala sekolah maupun guru dalam banyak hal.

Katakan saja, orangtua menyerahkan sepenuhnya anak-anak mereka untuk dididik di sekolah pada jam sekolah. Sedangkan di luar waktu sekolah tentu kembali menjadi tanggung jawab orang tua itu sendiri.

Sejatinya kepala sekolah maupun guru-guru secara tidak langsung merupakan orang tua pertama bagi anak didik ketika masuk disekolah. Sehingga peran dan tugas para pendidik ini tidak jauh berbeda dengan peran orangtua dirumah.

“Kami selalu menekankan nilai-nilai kasih sayang terhadap semua peserta didik, harus diberikan oleh kepala sekolah maupun guru-guru,”ujar Sahdin.

Sementara lanjut dia, hal-hal yang berkaitan dengan persoalan diskriminatif maupun permasalahan yang dapat merugikan peserta didik disekolah tidak boleh terjadi.

“Jadi intinya, dihari pertama masuk sekolah, termasuk pelaksanaan MPLS, maka peran orang tua siswa sangat diharapkan. Terutama mengenal lingkungan sekolah, kepala sekolah maupun guru,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*