INFO

Selama Satu Jam Lampu Tugu Soekarno Dipadamkan Dimomen Earth Hour

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sabtu (25/3/2017) malam pukul 20.00 WIB puluhan aktivis lingkungan, masyarakat, dan Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio kompak menyalakan lilin sebagai aksi nyata memperingati Earth Hour di Tugu Sukarno, Jl. S.Parman, Palangka Raya.

Pemadaman lampu listrik PLN selama satu jam mulai pukul 20.30 WIB sampai pukul 21.30 WIB itu sebagai bentuk kampanye yang diinisiasi WWF untuk mengubah gaya hidup mengurangi dampak negatif dari aktifitas manusia yaitu jejak ekologis dan emisi gas rumah kaca untuk kelestarian bumi.

Selain itu earth merupakan sebuah kampanye untuk mendorong individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintah menjadi bagian dalam melakukan perubahan untuk dunia yang berkelanjutan.

Salah satu yang bisa dilakukan misalnya dengan mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak diperlukan sebagai bentuk komitmen hemat energi untuk bumi.

Pada 2017, peringatan earth hour sudah ke-10 di dunia, sedangkan di Indonesia baru ke-9 dan khusus di Kota Palangka Raya sejak 2013. Tema earth hour 2017 “Shine A Light on Climate Action-from Moment to Movement”

Dalam sambutannya Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio mengatakan kepedulian terhadap pemanasan dan perubahan iklim global perlu menjadi perhatian semua pihak, karena akan berpengaruh langsung kepada kehidupan manusia.

“Memang saat ini dampaknya belum terasa, namun alangkah baiknya jika kita peduli mulai saat ini untuk masa yang akan datang. Semua ini untuk anak cucu kita nanti,” tuturnya.

Sementara itu Manager WWF Indonesia Program Kalimantan Tengah, Rosenda Chandra Kasih mengatakan makna dengan mematikan lampu selama satu jam tersebut sebagai simbol kepedulian terhadap kondisi alam dan iklim saat ini yang makin memprihatinkan.

Rosenda menjelaskan di daerah lain, momen earth hour juga dilakukan aksi serupa dan dilanjutkan dengan #IniAksiku gerakan #SejutaAksi komunitas Earth Hour Indonesia. Jadi para aktivis lebih banyak menggelar aksi penanaman, peduli kelestarian alam dan lingkungan sejak usia dini. (MC. Isen Mulang/nai/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*