INFO

Selamat Jalan Wawan Berlison Bapak Pemadam Kebakaran

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wawan Berlison adalah seorang pekerja keras, loyalitas dan berdedikasi tinggi. Wawan Berlison adalah orang yang sangat sederhana.

Wawan Berlison adalah bapak pemadam kebakaran (Damkar) Kota Palangka Raya, bapak Damkar Provinsi Kalteng dan dia juga merupakan salah satu tokoh Damkar di Indonesia.

Inilah yang diungkapkan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Anwar Sanusi U Gayo seusai mengikuti proses pemakaman almarhum di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Tjilik Riwut Km 12, Palangka Raya, Minggu (10/12/2017).

Selain sebagai sosok bapak Damkar, almarhum juga sebagai tokoh pemuda. Banyak mengikuti berbagai organisasi dan dia juga merupakan pelatih pramuka.

Anwar mengatakan dedikasi Wawan Berlison patut dicontoh. Dia menyebut Wawan merupakan orang yang hebat. Ini dibuktikan dari ijazah lulusan SMA, tapi mampu menduduki jabatan setara sarjana.

“Kenapa? karena dedikasinya sangat tinggi terhadap pemerintah. Orangnya juga sangat komitmen dan bertanggung jawab,” kata Anwar. Dia menilai Wawan Berlison juga merupakan seorang guru baginya.

“Saya ahli diinfrastruktur baik jalan maupun jembatan. Tapi saya ditugaskan di Damkar dan harus dilaksanakan dimanapun bertugas. Saya banyak belajar darinya dan dia adalah seorang guru termasuk guru saya,” ungkapnya.

Wawan Berlison juga merupakan sosok yang humoris dan memiliki kepribadian yang sangat hebat. Bahkan, Wawan Berlison juga tidak pernah marah.

“Dia selalu senyum, tidak pernah marah. Bekerja, menulis pun senyum. Dimanapun dia bekerja selalu dilaksanakan dengan baik. Loyal dengan atasan dan dia sangat disiplin, bertanggung jawab serta tidak pernah menolak tugas,” imbuhnya.

Bentuk kerja keras Wawan Berlison terakhir kali yakni sebagai Ketua Panitia Bimtek yang akan digelar Selasa (12/12/2017) hingga Kamis (14/12/2017 di Palangka Raya. Nara sumbernya dari Jakarta.

“Makanya hari Sabtu kemarin kita ngelembur untuk membuat undangan. Dia orang pekerja. Dia menikmati pekerjaannya. Itulah seorang Wawan Berlison. Untuk itu, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palangka Raya sangat-sangat kehilangan beliau,” bebernya.

Anwar juga membeberkan soal cita-cita Wawan Berlison yang sudah kesampaian dan yang belum. “Dia bercita-cita, Ya Allah semoga Damkar ada rumahnya sendiri dan ini sudah kesampaian sejak Januari 2017 telah berdiri dinas damkar dan penyelamatan,” ceritanya.

Sedangkan cita-cita yang belum kesampaian adalah dia ingin meningkatkan kesejahteraan ASN dan anggota Damkar. Kemudian setiap pembangunan gedung memiliki aturan harus izin ke Damkar.

Hal ini sebagai maksud jika terjadi hal yang tidak diinginkan sudah tersedia alat pemadaman. “Kita komitmen, semua cita-cita beliau akan kita wujudkan,” tegasnya.

Ungkapan bela sungkawa atas meninggalnya Wawan Berlison juga disampaikan Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugiannor.

“Beliau memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Bila ada kebakaran selalu hadir. Mudah-mudahan nanti ada pak Wawan, pak Wawan lainnya yang bisa melanjutkan,” ucapnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*