INFO
Seminar Awal Strategi Pengembangan Produk Unggulan Kota Palangka Raya

Seminar Awal Strategi Pengembangan Produk Unggulan Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Palangka Raya mengadakan seminar strategi pengembangan produk unggulan, Senin (15/10/2018). 

Dalam seminar yang melibatkan Peneliti dari Lembaga Penelitian Universitas Palangka Raya (UPR) ini menghadirkan para camat, lurah, dan pejabat teknis dari OPD Pemko Palangka Raya

Dalam seminar ini tiga peneliti UPR yakni Ir Muliansyah, Pandriyani, MSi, dan Wahyu Widyawati, SP memaparkan hasil kajian awal strategi pengembangan produk unggulan Kota Palangka Raya. 

Dengan mengkaji 
10 sektor lapangan usaha.  Setiap sektor usaha diambil lima produk yang dikaji dan kemudian diberikan skor. Antara lain di bidang pertanian skor paling tinggi adalah padi ladang dengan skor 0,410.

Skor tertinggi bidang pariwisata adalah usaha restoran 0.410, skor tertinggi bidang perikanan adalah ikan patin 0.481, dan skor tertinggi bidang kehutanan adalah budidaya rotan dan
Skor tertinggi bidang industri adalah anyaman rotan 0.265.

Hasil seminar awal ini belum final karena masih perlu menggali masukan lebih mendalam dari OPD teknis untuk menentukan produk unggulan dan strategi pengembangan nya ke depan ungkap Barit selaku Kepala badan litbang Kota Palangka Raya. 

Lebih lanjut Barit menjelaskan bahwa merujuk hasil kajian terdahulu yakni pengembangan ekonomi lokal ada 5 klaster pertama ikan air tawar, kedua furniture dan kerajinan,  ketiga agrowisata,  keempat batik benang bintik dan kelima sapi.  Hal tersebut dapat menjadi acuan bagi peneliti untuk mengkaji secara mendalam. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*