INFO
Seminar Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca dan MUNAS VI Tahun 2019

Seminar Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca dan MUNAS VI Tahun 2019

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sejalan dengan kebijakan nasional tentang program perpustakaan berbasis inklusi sosial, Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Pengurus Pusat Gerakan Perpustakaan Minat Baca (PP-GPMB) menggelar kegiatan Seminar Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Musyawarah Nasional VI Tahun 2019.

Kegiatan seminar dengan tema ” Membangun Masyarakat Cerdas Melalui Gemar Membaca Berbasis Inklusi Sosial ” ini dilaksanakan pada tanggal 18 s/d 20 September 2019 di Hotel Aryaduta Jakarta Pusat,  yang dihadiri sekitar 250 orang. Turut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Palangka Raya, Dr. Trecy Anden yang di dampingi oleh Kepala Seksi Pelestarian Bahan Perpustakaan, Yahyatari.

Peserta kegiatan terdiri dari pengurus pusat dan pengurus daerah GPMB baik Provinsi/Kabupaten/Kota, para pustakawan, pendidik, pengelola perpustakaan dan pengelola TB,  peneliti minat dan kegemaran membaca, organisasi wanita, penerbit buku,  penulis/pengarang, masyarakat pers dan pihak-pihak lain yang terkait dalam pengembangan kegemaran membaca masyarakat indonesia.

Seminar Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB)  merupakan wahana transformasi/komunikasi strategis antara pemerintah/pemerintah daerah dengan seluruh masyarakat. Sedangkan MUNAS GPMB merupakan agenda berkala 4 (empat) tahunan sebagai organisasi mitra perpustakaan nasional yang aktif menangani kegiatan pemasyarakatan kegemaran membaca.

Program kerja yang dijalankan oleh GPMB seperti yang disampaikan oleh Yahyatari, sebagai salah satu peserta aktif kegiatan Seminar dan MUNAS ke VI Tahun 2019  dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Palangka Raya yaitu :
1). Konsolidasi dan penguatan organisasi yang meliputi pendataan dan pembentukan GPMB daerah (provinsi/kabupaten/kota); penguatan organisasi GPMB (medsos IG/FB, majalah MAOS, website) ; mendaftarkan legalitas organisasi GPMB ke Kemendagri; kunjungan konsolidasi kerja GPMB pusat dan daerah.
2). Kerjasama program yaitu meliputi pengembangan kerjasama strategis pusat dan daerah; pembentukan perpustakaan percontohan di desa; pembudayaan kegemaran membaca di kelurahan, kecamatan atau komunitas ; MOU dengan mitra kerja dari dunia usaha, organisasi sosial dan organisasi profesi terkait serta lembaga-lembaga pemerintah dan swasta; kerjasama dengan perpustakaan dan lembaga kegemaran membaca di luar negeri.
3). Menggali sumber dana pemerintah, swasta, pihak-pihak lain yang tidak mengikat yaitu mencari dana untuk kampanye pembudayaan kegemaran membaca secara berkesinambungan; bantuan sosial/hibah pemerintah daerah;  bantuan dana lainnya yang tidak mengikat.
4). Melaksanakan penelitian dan pengembangan yaitu melaksanakan kajian tentang minat dan kegemaran membaca di masyarakat; kerjasama dengan lembaga kajian/universitas; seminar hasil kajian GPMB; dan memantau perkembangan indeks kegemaran membaca dan indeks literasi.

Pada kesempatan ini peserta dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Palangka Raya,  Yahyatari mendapatkan penghargaan dari pihak penyelenggara sebagai peserta paling aktif, dan tercepat dalam menyampaikan pertanyaan kritis dan saran yang sifatnya membangun.

Yahyatari katakan, saat berbincang dengan tim Media Center Isen Mulang, Kamis (25/9/2019) bahwa dia juga diberikan kesempatan untuk menjadi tim perumus program kerja GPMB tahun berikutnya mewakili dari wilayah Kalimantan  bersama -sama dengan 2 (dua) peserta lainnya yang mewakili dari wilayah Jawa dan wilayah Sulawesi, jelasnya. (MC. Isen Mulang/win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*