INFO
Seorang Ibu Lumpuh dan Terlantar Sementara Menghuni Rumah Singgah

Seorang Ibu Lumpuh dan Terlantar Sementara Menghuni Rumah Singgah

MEDIA CENTER, Palangka Raya, Beberapa hari yang lalu seorang wanita tanpa identitas ditemukan oleh warga  di Bilik Kayu Jalan Tjilik Riwut Km 7 Palangka Raya dalam keadaan sakit, tidak bisa berkomunikasi dan lumpuh total tanpa ada satu orangpun yang mengenalnya. Wanita tersebut langsung dilarikan ke Rumah Sakit Doris Sylvanus saat itu juga untuk mendapatkan perawatan maksimal. Pihak Rumah Sakit Doris Sylvanus menghubungi Dinas Sosial Kota Palangka Raya pada hari Jumat (29/03/2019) siang agar melakukan penjemputan karena pasien sudah diperbolehkan pulang.

Petugas dari Dinas Sosial pun melakukan penjemputan dan sesuai dengan prosedur menempatkannya sementara di Rumah Singgah Jalan Poncowati Kota Palangka Raya.  Rumah singgah yang selama ini disiapkan oleh Dinas Sosial memang belum memenuhi syarat, terutama belum adanya petugas kesehatan khusus untuk memberikan perawatan bagi warga terlantar yang sakit. Apalagi kali ini warga terlantar yang ditemukan dalam keadaan  lumpuh total dan tidak bisa berkomunikasi sehingga dimana semua aktivitasnya harus dilayani.  Mulai hari ini Sabtu (30/3/2019) Petugas Dinas Sosial yang wanita dijadwalkan bergantian untuk menjaga warga terlantar tersebut.

“Semakin berkembang penduduk maka semakin kompleks pula permasalahan sosial yang muncul, untuk itu sudah seharusnya Pemerintah Kota Palangka Raya menyediakan rumah singgah beserta sarana prasarana yang memadai, karena Dinas Sosial tidak mungkin membiarkan keterlantaran seperti yang seringkali terjadi selama ini. Namun demikian kami tetap akan memberikan pelayanan terbaik apabila ada warga terlantar yang ditemukan ” ungkap Kepala Dinas Sosial , Akhmad Fauliansyah,

”Pemerintah Kota Palangka Raya maupun lembaga swasta belum ada yang memiliki panti untuk orang terlantar, untuk panti lansia pun tidak memungkinkan karena harus memenuhi kriteria sudah berusia 60 tahun keatas dan mampu melakukan aktivitas pribadinya secara mandiri” tambahnya lagi.

“Untuk itu Dinas Sosial sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Kelurahan untuk mencari informasi keberadaan keluarganya, serta akan menghubungi Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya agar dapat menempatkan  petugas perawat selama warga terlantar tersebut berada di Rumah Singgah. Barangkali ada yang mengenal ibu tersebut dapat menghubungi Dinas Sosial Kota Palangka Raya di Jalan G. Obos Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Palangka Raya atau melalui nomor telepon 0536-4260576” tutupnya.
(MC Isen Mulang/Dina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*