INFO
Siaga Penangulangan Kebakaran Lahan di Kota Palangka Raya

Siaga Penangulangan Kebakaran Lahan di Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dalam rangka antisipasi kebakaran hutan dan lahan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendirikan Posko Satgas Kebakaran. Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana ( PUSDALOPS-PB) terletak di Jalan Tjilik Riwut Km. 2,5 Palangka Raya.

Pada tanggal 1 Juli 2019, dibentuk Posko Penangulangan Kebakaran Lahan dan dibagi 3 Posko lapangan 1 ada di bundaran burung, Posko lapangan 2 ada di jalan Tjilik Riwut km 12 dan Posko induknya ada di kantor Pusdalops-PB Jalan Tjilik Riwut.

Fungsi dari posko ini adalah untuk mengidentifikasi semua kebutuhan dalam operasi penanganan kebakaran hutan dan lahan, sehingga karhutla dapat dicegah. Tiap posko terdiri dari relawan pemadaman, TNI/Polri, dan dari Orari.

Menurut manajer PUSDALOPS- PB Provinsi Kalteng Vivien Rose Engely, melalui Supervisor Japalmen, Kamis (4/7/2019) mengutarakan bahwa  per bulan Juli, tanggal 3 Juli kemarin terjadi pemadaman kebakaran lahan dan terjadi di dua titik di sekitar kota Palangka Raya. Selain penangulangan kebakaran Petugas Posko juga keliling sambil sosialisasi ke masyarakat, jika tidak ada kejadian pemadaman.

Japalmen menganjurkan pertama kepada masyarakat agar saat ini tidak membersihkan lahan dengan cara menebas atau mematikan tumbuhan, karena tanaman yg kering hasil tebas tadi bisa memicu kebakaran lahan. Yang kedua saat membakar sampah dirumah harus dijaga jangan ditinggal. Kalaupun di tinggal harus dipadamkan api dari pembakaran sampah tersebut. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*