INFO
Siapkan 10 Hektare Pengembangan Hijauan Pakan Ternak

Siapkan 10 Hektare Pengembangan Hijauan Pakan Ternak

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya sangat serius untuk mengembangkan program ketahanan dibidang peternakan, khususnya sapi.

Salah satunya dengan membuat pengembangan hijauan pakan ternak seluas 10 hektare di wilayah Kelurahan Kanarakan, Kecamatan Bukit Batu. Kebun rumput ini sudah tumbuh subur.

Kabid Produksi Peternakan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Sugiyanto menjelaskan kebun rumput seluas 10 hektare ini ada empat jenis.

Rinciannya rumput potong (rumput gajah atau pennisetum purpurium 3 hektare dan rumput odot 3 hektare), rumput gumbala (rumput braceria ducumben/BD seluas 2 haktare) dan jenis kegum indigofera seluas 2 haktera.

“Rumput jenis ini bisa ditanam di lahan pasir,” kata Sugiyanto,” Jumat (29/3/2019). Sugianto mengatakan dengan adanya ‘kebun’ pakan ini maka bisa dimanfaatkan untuk kepentingan ternak, sehingga ke depannya tidak sulit lagi dalam mencari pakan.

Dia menambahkan nutrisi rumput jenis gajah ini sangat baik untuk penggemukan sapi. Bisa juga untuk kambing. Dengan demikian hewan ternak cepat gemuk. (MC. Kota Palangka Raya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*