INFO
Siapkan Langkah-langkah Siaga Darurat Karhutla

Siapkan Langkah-langkah Siaga Darurat Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya terus melakukan kesiapan dini guna mengantisipasi ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Tahun 2020.
Salah satu kesiapan yang tengah disiapkan itu yakni penetapan status Siaga Darurat Karhutla

“Perlu dipersiapkan peningkatan status siaga darurat karhutla apabila diperlukan, apabila di dapat ancaman karhutla saat memasuki musim kemarau,”ungkap Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu usai memimpin rapat koordinasi persiapan penetapan status karhutla di aula Palampang Tarung, Selasa (7/7/2020) sore .

Kata Hera, dari hasil rapat koordinasi itu akan disampaikan kepada wali kota untuk diambil kebijakan lebih lanjut. Apakah akan ditetapkan siaga darurat atau seperti apa kebijakan yang dilaksanakan nantinya..

“Kebijakan itu akan diumumkan secara langsung oleh wali kota, bahwa masyarakat bersiap menghadapi musim kemarai yang rentan ancaman karhutla,”tegasnya.

Perlu diketahui sambung Hera, prosedur dari penanganan kebencanaan alam, seperti halnya karhutla, jauh Sebelumnya telah dipersiapkan sejak bulan Maret lalu.

Terutama tindakan antisipasi karhutla dengan memperkuat sosialisasi ditingkat keluarahan dan menyiapkan SK satgas penanganan karhutla sebagai bentuk kesiapsiagaan tersebut.

“Semua persiapan itu tidak lain agar bencana karhutla seperti tahun-tahun yang lalu tidak terjadi kembali tahun 2020 ini,”ujarnya.

Harus disadari imbuh Hera, untuk menangani karhutla membutuhkan penanganan khusus. Terutama persiapan yang dilakukan sejak awal-awal tahun hingga pertengahan tahun ini.

“Iya, Senin depan pemko akan melaksanakan gelar personil dan kelengkapan karhutla, guna mengatahui kesiapsiagaan kita mencegah karhutla lebih dini,”tandasnya. (MC. Isen Mulang.1/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*