INFO
Siapkan Personil untuk Siaga Bencana Karhutla

Siapkan Personil untuk Siaga Bencana Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin telah menetapkan status siaga bencana karhutla di wiilayah kota setempat.

Seiring ditetapkannya status tersebut, maka pada Senin (13/7/2020), Fairid memimpin langsung apel gabungan gelar pasukan dan peralatan dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Apel hari ini adalah sebagai kesiapsiagaan personil dan peralatan serta meningkatkan kemampuan SDM dalam menghadapi dan menangani karhutla,”ungkap Fairiid usai apel tersebut

“Untuk saat ini status Palangka Raya adalah siaga bencana karhutla. Ditanya sampai kapan, jawabannya sampai musim kemarau berlalu,”tambahnya.

Sebagaimana diketahui lanjut Fairid, wilayah Palangka Raya merupakan lahan gambut sehingga sangat rawan terbakar pada musim kemarau.

Sementara itu, berdasarkan prakiraan dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dimana pada bulan Juli ini memasuki musim kemarau yang puncaknya diperkirakan pada bulan Agustus sampai September 2020.

Sebab itulah ucap Fairid, upaya mencegah bencana karhutla harus dilakukan, sehingga tidak sampai terjadi kabut asap yang merugikan aspek kehidupan masyarakat seperti sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, transportasi, pariwisata dan lain-lain.

“Iya, termasuk warga yang punya lahan pekarangan, punya tanggung jawab menjaga, memelihara dan melindungi lahannya agar tidak terjadi kebakaran,”tegasnya. (MC. Isen Mulang.1/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*