INFO
Sistem IT Pelayanan Publik Jadi Prioritas

Sistem IT Pelayanan Publik Jadi Prioritas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Banyak pelajaran yang bisa diserap dari kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur yang dipimpin Wakil Walikota Palangka Raya, Umi Mastikah bersama kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) beberapa waktu lalu.

Salah satu yang akan diadopsi Pemerintah Kota Palangka Raya dari kunjungan kerja ke Banyuwangi adalah sistem teknologi informasi (IT), sedangkan untuk mall pelayanan publik bisa menyusul kemudian.

Menurut Umi Mastikah, tahap pertama atau di 2019 pihaknya mendorong SOPD sudah memiliki sistem teknologi informasi (IT) untuk menunjang pelayanan publik.

“Jika semua SOPD sudah memiliki sistem IT yang bagus, maka tinggal diintegrasikan menjadi satu,” katanya, Selasa (13/11/2018).

Umi mengatakan saat ini Kota Palangka Raya belum bisa membuat mall pelayanan publik seperti Banyuwangi. Alasannya masih terkendala jaringan internet yang belum bagus.

“Beda kalau di Banyuwangi. Di sana jaringan internetnya sudah bagus,” ucapnya. Umi menambahkan bagi daerah yang sudah membentuk mall pelayanan publik jika dalam pelaksanaannya tidak prima akan mendapatkan sanksi dari pemerintah pusat.

Misalnya dalam ketepatan waktu dalam penerbitan perizinan molor. Jika telat karena terkendala jaringan internet, maka akan dikenakan sanksi. Hal inilah yang masih dipertimbangkan Pemerintah Kota Palangka Raya kenapa sampai saat ini belum berani mendirikan mall pelayanan publik, kecuali IT dan jaringan internet sudah dalam kondisi mantap, ini menjadi prioritas, ucapnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*